Robot ala Terminator Kian Mendekati Nyata, Ini Buktinya

Telset.id, Jakarta  Robot “pemberontak” ala Terminator sepertinya hanya tinggal menunggu waktu sebelum akhirnya benar-benar menjadi kenyataan. Baru-baru ini, Kamis (19/12/2019) lalu, Toyota meluncurkan robot humanoid baru bernama T-HR3, yang dikendalikan dari jarak jauh.

Robot tersebut dikendalikan oleh seseorang yang menggunakan headset dan kabel di lengan. Toyota mengklaim bahwa robot T-HR3 lebih halus, lebih ringan, dan lebih mudah digunakan daripada model sebelumnya.

Menurut New York Post, seperti dikutip Telset.id, Minggu (22/12/2019), robot T-HR3 dapat digunakan untuk melakukan operasi di tempat yang jauh, di mana dokter tidak dapat hadir secara langsung ke lokasi.

{Baca juga: Robot Cerdas Ini Temani Astronot saat Galau di Luar Angkasa}

Tak hanya itu, Toyota juga mengatakan bahwa robot ala Terminator yang satu ini bisa membuat orang merasa seperti sedang berada dalam sebuah acara yang sebenarnya tidak bisa dihadiri. Dengan demikian, pengguna tak lagi terkendala waktu dan jarak.

Pada hari yang sama, diumumkan bahwa para peneliti Swiss mengembangkan bug robot ringan dan cepat bernama DEAnsect, yang dapat menahan beberapa pukulan pemukul lalat dan bertahan hidup terinjak oleh sepatu.

Robot miniatur ini dirancang dengan aktuator elastomer dielektrik atau DEA, otot buatan, mikrokontroler untuk otak, dan fotodioda sebagai mata. Bobotnya kurang dari satu gram, tapi kuat membawa beban berat.

Dua contoh robot di atas hanyalah kreasi terbaru para ilmuwan “gila”. Masih banyak lagi robot yang punya kemampuan tak kalah hebat, yang semakin membuka kemungkinan bahwa robot Terminator bakal ada di dunia nyata.

{Baca juga: Pemerintah Kecam “Penjajahan” Robot FedEx di New York}

Sebelum T-HR3, Toyota juga telah memperkenalkan robot humanoid bernama CUE 3. Bukan saja menyerupai manusia, robot ini juga diplot untuk menjadi pemain basket.

Kemampuan robot humanoid ini bermain basket memang baru sebatas melemparkan bola ke dalam ring. Tapi hebatnya, robot ini sangat jago melakukan lemparan 3 angka atau three points. [SN/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here