Ribuan Karyawan Minta Google Keluar dari Proyek AI Pentagon

Telset.id, Jakarta – Ribuan karyawan Google, termasuk puluhan insinyur senior, menandatangani surat protes atas keterlibatan perusahaan dalam program AI Pentagon.

Program tersebut menggunakan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) untuk menginterpretasikan citra video dan dapat digunakan untuk meningkatkan penargetan serangan pesawat tak berawak.

Surat itu, yang beredar di Google dan ditandatangani oleh 3.100 karyawan, memperlihatkan potensi bentrokan budaya antara Silicon Valley dan pemerintah federal yang kemungkinan akan meningkat ketika teknologi AI mutakhir semakin digunakan untuk tujuan militer.

“Kami percaya bahwa Google tidak seharusnya terlibat dalam bisnis perang,” demikian bunyi surat tersebut, ditujukan kepada Sundar Pichai, kepala eksekutif Google, seperti dilansir CNBC. Surat itu meminta supaya Google menarik keluar dari Proyek Maven, program percontohan Pentagon.

Baca juga: Trik Perintah Google Assistant Pakai Bahasa Indonesia 

Sikap idealistik tersebut, meski tentu tidak dimiliki oleh semua karyawan Google, muncul secara alamiah. Namun, jelas, hal itu tidak berlaku bagi industri pertahanan besar seperti Pentagon.

Apalagi, Menteri Pertahanan Jim Mattis sering mengatakan bahwa tujuan utama pemerintah adalah meningkatkan kemampuan mematikan pasukan militer Amerika Serikat.

Sejak awal, Google telah mendorong para karyawan untuk berbicara tentang masalah yang melibatkan perusahaan. Google menyediakan ruang internal serta jejaring sosial yang bisa digunakan oleh para pekerja untuk memberi saran maupun kritik kepada manajemen, baik terkait produk maupun kebijakan perusahaan.

Baru-baru ini, perdebatan sengit seputar upaya Google untuk menciptakan tenaga kerja yang lebih beragam menjadi obrolan sengit para karyawan.

Mereka menyebarkan petisi berisi protes tentang berbagai masalah. Lalu, bagaimanakah kelanjutan desakan karyawan supaya Google cabut dari proyek AI Pentagon? [SN/HBS]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI