Ratusan Ribu Orang Bikin Superkomputer Lawan Corona, Mau Join?

Superkomputer Folding@home

Telset.id, Jakarta Social distancing masih menjadi salah satu cara efektif memerangi wabah virus corona atau Covid-19. Tapi, berbeda dengan ratusan ribu sukarelawan yang berjuang melawan virus corona lewat superkomputer virtual bernama “Folding@home”.

Ratusan ribu orang telah menambahkan komputer di rumah ke jaringan raksasa yang membentuk superkomputer virtual dan dikenal sebagai Folding@home. Proyek tersebut menggunakan daya komputasi crowdsourced.

Tujuannya dibuatnya superkomputer virtual ini, seperti dikutip Telset.id dari New York Post, Minggu (29/03/2020), untuk menjalankan simulasi protein bagi para ilmuwan yang mempelajari sekaligus memerangi virus corona atau Covid-19.

{Baca juga: Diralat, Aplikasi TraceTogether Ganti Nama jadi Peduli Lindungi}

Protein-protein itu membantu virus corona menginfeksi sel manusia. Nah, dengan simulasi komputer, para peneliti berharap bisa sepenuhnya memetakan protein penyakit. Mereka melakukannya guna mendeteksi kerentanan yang dapat diserang oleh beberapa jenis perawatan secara medis.

Folding@home

Karena lebih banyak sukarelawan menyumbang kekuatan komputasi yang tidak terpakai, superkomputer virtual dapat bekerja lebih cepat. Siapa pun di seluruh dunia dapat menginstal perangkat lunak proyek tersebut.

Pemimpin proyek, Gregory Bowman, seorang ahli biofisika di Fakultas Kedokteran Universitas Washington di St Louis, menjelaskan bagaimana sistem itu bekerja dan bagaimana orang dapat membantu melawan corona.

{Baca juga: Kebijakan ‘WFH’ Sulit Dilakukan Pabrik Smartphone}

Menurut Bowman, para peneliti sedang mengerjakan skala waktu yang sangat pendek untuk melacak pergerakan kecil atom dalam protein. Untuk melihat bagaimana protein bergerak lebih dari satu detik, mereka berhitung.

Mereka melakukan perhitungan “miliar kuadrat” di komputer. Namun, Folding@home dapat melakukan perhitungan dalam satu bulan bahwa komputer desktop biasa akan membutuhkan waktu 100 tahun untuk melakukannya.

Bagi Anda yang berminat bergabung dengan sukarelawan Folding@home, bisa akses situs resminya di sini. (SN/MF)

SOURCENew York Post
Previous articleSitus Ini Tunjukkan “Kerepotan” Negara-negara yang Hadapi Covid-19
Next articleUpdate OS Realme 6 dan 6 Pro, Bisa Streaming Netflix HD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here