Protes, Wikipedia Ubah Tampilannya jadi Gelap

Telset.id, Jakarta – Halaman Wikipedia edisi bahasa Spanyol dan Italia ketika diakses di Eropa mulai Rabu (04/07/2018), akan menampilkan tampilan gelap dan hanya ditemukan dinding teks saja di dalamnya. Bahkan, tidak ada lagi akses artikel di dalam situs tersebut.

Perubahan tampilan Wikipedia Spanyol dan Italia menjadi serba hitam terjadi menjelang pemungutan suara Parlemen Eropa terkait Undang-undang Hak Cipta UE yang kontroversial.

Dilansir Engadget, Kamis (05/07/2018), pemungutan suara Parlemen Eropa terkait Undang-undang Hak Cipta UE tersebut merupakan yang kali pertama. Terakhir, Eropa memperbarui undang-undang hak cipta pada tahun 2001 silam.

Baca Juga: Diprotes, Weibo Batal Bersih-bersih Konten Gay

Ensiklopedia online dan kelompok privasi lainnya kompak memprotes dua proposal direktif dalam regulasi itu. Proposal pertama adalah Pasal 13 yang mengharuskan semua situs web untuk memfilter kiriman para pengguna.

Tak cuma memfilter kiriman pengguna, dalam proposal juga terdapat kewajiban bagi semua situs web untuk memeriksa kiriman pengguna yang terkait karya berhak cipta. Selain Pasal 13, Pasal 11 juga dikritik oleh kelompok privasi.

Baca Juga: Amazon Diprotes karena Menjual Headphone Palsu

Wikipedia dan kelompok privasi keberatan dengan poin aturan soal keharusan bagi semua situs web untuk membayar biaya semacam royalti setiap menautkan publikasi berita atau menggunakan cuplikan dari artikel.

Selama ini, informasi yang ada di Wikipedia memang sangat tergantung kepada kontributor. Pendiri Wikipedia, Jimmy Wales, pun telah mendorong orang-orang untuk memanggil perwakilan Eropa menjelang pemungutan suara akhir pada Kamis waktu setempat. (SN/FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0