MediaTek Rilis MT3729, Prosesor yang Ideal untuk Data Center

Prosesor MediaTek Data Center

Telset.id, Jakarta – MediaTek mengumumkan ketersediaan prosesor MT3729 untuk data center. Chipset ini dirancang kebutuhan transmisi data cepat, tetapi dengan daya sangat rendah untuk data center dan infrastruktur 5G.

Prosesor MediaTek MT3729 menggunakan teknologi 56G PAM4 SerDes yang menyediakan transfer data aman, handal, dan berkecepatan tinggi bagi infrastruktur data center yang modern.

“Melanjutkan teknologi 56G PAM4 SerDes yang pertama di industry ini, kami mengumumkan generasi pertama lini produk MT3729,” kata Jerry Yu, Corporate Senior Vice President, MediaTek.

{Baca Juga: MediaTek Dimensity 720, Chipset 5G untuk Smartphone Mid-End}

Menurut MediaTek, Permintaan data center untuk jaringan 400GbE dan lebih tinggi diperkirakan akan bertumbuh hingga akhir tahun ini.

Prosesor MediaTek MT3729 sendiri dinilai ideal untuk line card atau switch fabric guna membangun server, switch, dan router jaringan multi-terabit dengan sambungan data kecepatan tinggi yang aman.

“Lini produk MT3720 kami menggunakan enkripsi berbasis MACsec paling canggih di industry untuk Komunikasi aman, selain timestamping PTP yang sangat akurat untuk ketepatan waktu yang lebih baik, yang dibutuhkan oleh infrastruktur backhaul nirkabel 5G,” jelas Yu.

Dijelaskan Yu, prosesor MediaTek MT3729 menawarkan empat modus operasi yang berbeda, yakni Retimer, Gearbox Maju/Mundur, MUX/DeMUX, dan MACsec.

Modus Retimer merupakan teknologi penguatan sinyal tertanam yang memperpanjang jarak koneksi dan transmisi SerDes ke edge untuk timestamping yang lebih tepat.

Sementara modus Gearbox Maju/Mundur adalah dukungan untuk translasi bitrate antara 56G dan 28G memampukan switch generasi berikut untuk dengan mudah terhubung dengan infrastruktur yang sudah ada.

{Baca Juga: Spesifikasi dan Harga HP Terbaru}

Modus MUX/DeMUX adalah erpindahan MUX dan broadcast hitless menjawab persyaratan redundansi jaringan. Lalu MACsec, merupakan dukungan MACsec IEEE 802.1AE yang memampukan komunikasi aman dengan enkripsi AES-128 dan AES 256 dari 1G hingga 400G per port.

Lini produk MT3729 mendukung hingga 16 sambungan bi-directional di 56G PAM4, hingga 28G NRZ SerDes dan 1G SGMII.

{Baca Juga: MediaTek Siapkan Dimensity 600, Ponsel 5G Bisa Lebih Murah}

Karena jaringan-jaringan 5G akan mensyaratkan sinkronisasi timing yang lebih ketat, lini MT3720 mendukung IEEE 1588v2 dan SyncE hingga Class-C untuk akurasi yang lebih tinggi dan lebih fleksibel dengan format-format timestamping.

Lini produk prosesor MediaTek MT3729 sekarang sudah tersedia, dengan produk-produk pertama sedang dalam pengembangan. (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here