Produsen Sepatu Ini Juga Ikutan Bikin Smartwatch

New Balance Digital Sport div

Telset.id – Pasar smartwatch memang masih berkembang, pemain yang nimbrung di segmen inipun belum banyak. Tak heran jika banyak perusahaan yang tergoda untuk mengadu peruntungan membuat jam tangan pintar.

Perusahaan yang coba masuk ke pasar smartwatch bisa dibilang cukup beragam. Selain perusahaan teknologi, ada juga produsen ponsel, pabrikan komputer, produsen pakaian, pabrikan mobil, dan bahkan produsen sepatu pun tak ketinggalan membuat smartwatch.

Nah, untuk produsen sepatu, kabar terbaru mengungkap bahwa perusahaan pembuat sepatu kenamaan, New Balance, dilaporkan telah mengkonfirmasi rencana mereka untuk meluncurkan running watch.

Produsen sepatu asal Amerika Serikat ini bahkan nampak sangat serius untuk masuk ke pasar smartwatch. Terbukti, New Balance mendirikan divisi baru Digital Sport. Divisi ini akan menangani wearable device.

Smartwatch menjadi produk pertama yang dipilih untuk mereka kembangkan, selanjutnya divisi Digital Sport juga berencana akan mengembangkan produknya dengan membuat embedded technology seperti sensor untuk sepatu dan pakaian di masa depan.

New Balance sendiri bukan baru pertama bersentuhan dengan produk teknologi, karena perusahaan ini sebelumnya memperkenalkan sepatu 3D printed pertamanya.

Smartwatch pertama yang disiapkan New Balance akan berjalan dengan OS Android Wear. Dan untuk mempermulus rencananya, New Balance juga menggandeng dua raksasa teknologi, yakni Intel dan Google.

Disebutkan bahwa perangkat ini akan dirancang untuk mendukung untethered, dengan GPS dan support music playback tanpa smartphone. New Balance mengatakan jika smartwatch ini dirancang oleh para pelari dan untuk pelari.

New Balance juga telah menjalin kerjasama dengan Strava dan Zepp. Untuk Strava akan menjadi dasar dari komunitas pelari yang terhubung yang disebutnya New Balance Run Club. Sementara Zepp merupakan spesialis sensor.

Kolaborasi ini menggambarkan rencana dari divisi Digital Sport New Balance yang akan merancang produk-produk pintar di masa depan, seperti sepatu pintar (smart shoes), smartband, dan tentu saja smartwatch.

Digandengnya Intel juga memunculkan spekulasi produk lainnya seperti smartband dan smart shoes dari New Balance akan menggunakan chipset Intel Curie, yakni prosesor yang dirancang khusus untuk perangkat wearable.

Nantinya, gelang dan sepatu pintar buatan New Balance bisa mengukur jumlah langkah, tinggi lompatan, hingga kondisi kesehatan penggunanya.

Smartwatch Android Wear dari New Balance dijadwalkan akan hadir pada musim liburan tahun 2016, atau sekitar akhir tahun ini. Menarik untuk ditunggu jam tangan pintar buatan produsen sepatu yang bermarkas di Boston, AS ini. [HBS]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -