Amazon dan Google Hapus Produk Neo-Nazi dari Situs

Telset.id, Jakarta – Raksasa teknologi Amazon, Google, dan Wish alhirnya hapus produk neo-Nazi dan supremasi kulit putih yang dijual di situs. Penghapusan dilakukan setelah penyelidikan yang dipimpin oleh BBC.

Meski tiga perusahaan itu menyatakan bahwa produk rasis dilarang di platform, BBC dengan mudah menemukan bendera supremasi kulit putih, buku-buku neo-Nazi, dan barang dagangan Ku Klux Klan yang ditawarkan di situs.

Yang lebih buruk, dikutip Telset.id dari New York Post, Senin (27/07/2020), jika mengklik sebuah item, algoritma untuk Amazon dan Wish membawa Anda ke item yang lebih “mirip” ke produk penuh kebencian.

{Baca juga: Ribuan Karyawan Desak Google Hentikan Kerja Sama dengan Polisi}

Satu barang yang dijual di Amazon adalah bendera supremasi kulit putih yang menampilkan Celtic Cross, yang oleh Liga Anti-Pencemaran Nama Baik disebut salah satu simbol supremasi kulit putih yang paling umum.

Seorang konsumen mencatat dalam ulasan produk pada Juni 2020 bahwa simbol itu adalah bendera neo-Nazi. “Amazon seharusnya tidak mengambil keuntungan dari penjualan produk tersebut,” terang sang konsumen.

Produk Neo Nazi

Daftar itu juga merekomendasikan bendera kontroversial lain, yakni simbol di bendera yang dikenakan oleh pria bersenjata Christchurch ketika membunuh 51 orang di masjid Selandia Baru pada 2019 lalu.

{Baca juga: Fans BTS Bersatu Lawan Rasisme dengan Hashtag #WhiteLivesMatter}

Di lain sisi, Google menyatakan tidak mengizinkan iklan atau produk yang dijual di platform yang menampilkan konten mengejutkan atau mempromosikan kebencian. “Kami menegakkan kebijakan ini,” tegas Google.

Sebelumnya, Amazon telah  menghapus gambar produk tertentu yang bertuliskan pesan rasisme. Amazon mengetahuinya setelah beberapa pengguna mencari AirPods dan produk sejenis lainnya di platform.

Menurut laporan, pesan tersebut memicu kemarahan publik dan viral di Twitter. Mereka menumpahkan sumpah serapah dengan topik “AirPods”.

{Baca juga: Amazon Hapus Gambar Produk Bertuliskan Pesan Rasisme}

Tangkapan layar dan tayangan video soal topik tersebut viral di Twitter. Para pengguna juga berbagi gambar. Daftar dengan pesan rasisme kini tidak lagi terlihat di situs resmi Amazon khusus pengguna di Inggris. (SN/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI