telset

Printer 3D Terbesar di Dunia Bisa Cetak Kapal Boat

Telset.id, Jakarta  – Tidak seperti manufaktur tradisional, pencetakan 3D memungkinkan orang untuk membuat semua jenis objek dan bentuk yang mungkin tidak dapat dilakukan melalui metode konvensional.

Metode pencetakan 3D sudah digunakan untuk tujuan medis, seperti pencetakan jaringan hidup atau gips khusus. Bahkan, pencetakan 3D digunakan untuk memproduksi kendaraan, sebagai misal sepeda motor.

{Baca juga: Ilmuwan Ciptakan Kornea Mata Pakai Printer 3D}

Sedemikian rupa sehingga tidak mengejutkan ketika mengetahui bahwa pada masa depan, kendaraan transportasi bisa dicetak 3D. Para peneliti di University of Maine telah mencoba mempraktikannya.

Menurut Ubergizmo, seperti dikutip Telset.id, Selasa (15/10/2019), mereka telah berhasil mencetak 3D seluruh kapal jenis boat. Inovasi tersebut langsung mendapat penghargaan berupa tiga rekor dunia sekaligus.

Namun, kapal jenis boat bukanlah benda terbesar yang dapat dicetak oleh printer karya para peneliti. Mesin cetak mereka ternyata mampu mencetak benda sebesar hingga 100 kaki, lebar 22 kaki, dan tinggi 10 kaki.

Menggunakan printer itu, pencetakan 3D kapal jenis boat tidak membutuhkan waktu sampai berminggu-minggu, apalagi berbulan-bulan. Menggunakannya, pencetakan 3D hanya butuh waktu selama tiga hari.

{Baca juga: Keren! Kubah Bahan Bakar Satelit Ini Dibuat dengan Printer 3D}

Sejatinya, inovasi tersebut bukanlah yang kali pertama. Hal serupa pernah dilakukan di tempat lain. Pada 2018 lalu, Marinir Amerika Serikat berhasil mencetak barak beton dalam 40 jam menggunakan teknologi yang sama. [SN/HBS]

Sumber: Ubergizmo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0