telset

Portaña, Cortana “Kawe” Untuk Perangkat Android

CortanaHeroJAKARTA – Kecanggihan Cortana dalam memprediksi sejumlah informasi yang akan datang ternyata menarik minat pengembang untuk memboyong aplikasi serupa untuk perangkat Android. Tapi jangan salah dulu, karena bukan Microsoft yang bersedia merilis Cortana untuk perangkat selain Windows Phone.

Adalah grup hacker OrangeSec yang mengklaim diri mampu membuat aplikasi serupa Cortana untuk Android. Pengembang asal Italia ini menamakan aplikasi besutannya dengan nama “Portaña”.

Meski begitu pihak pengembang mengakui ada keterbatasan dibanding aplikasi asisten digital yang asli. Cortana versi ‘kawe’ ini hanya mampu berbicara dalam bahasa Italia dan tidak bisa digunakan secara offline.

Diwartakan Venture Beat, Senin (20/4/2015), meskipun hanya aplikasi ‘kawe’, namun Portaña menarik karena pengembang membuatnya mambuat terhubung dengan server Microsoft. Sehingga pengembang tidak sepenuhnya membuat ulang semua fitur asisten digital miliknya.

Portaña tidak dapat terintegrasi secara otomatis dengan perangkat Android, layaknya Cortana dan Windows Phone. OrangeSec berupaya mengembangkan sejumlah fitur pendukung untuk asisten digital besutannya itu.

Seperti diketahui jika Cortana memiliki akurasi yang lebih baik dibandingkan rivalnya Siri dan Google Now. Kecanggihan teknologi pencarian Bing dan algoritma Cortana diklaim Microsoft mampu menjadi asisten sekaligus “cenayang digital” yang terpercaya. [EA/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0