Platform Ini Buktikan Qualcomm “Nafsu” Masuk Industri Robot

Industri robot

Telset.id, Jakarta – Qualcomm tampaknya serius ingin masuk ke industri robot. Sebab pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2019, mereka merilis Qualcomm Robotics RB3 Platform yang jadi platform khusus untuk robotik.

Robotics RB3 Platform dibangun menggunakan board khusus bernama DragonBoard 845c yang menggunakan prosesor Snapdragon 845 yang rilis tahun lalu.

Qualcomm mengklaim bahwa RB3 telah dioptimalkan untuk drone dan robot, bahkan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dan sensor.

{Baca juga: 3 Keunggulan Smartphone Oppo Terbaru, Nomor 3 Tercanggih}

Menurut Slashgear, seperti dikutip Telset.id, Rabu (27/02/2019), RB3 sudah mendukung jaringan LTE privat dan sistem keamanan canggih. Perusahaan yang menggunakannya pun bisa melakukan kustomisasi sesuai keinginan mereka.

Karena merupakan platform yang fleksibel, perusahaan bahkan bisa memilih untuk menggunakan sistem operasi seperti Linux dan Robot Operating System.

Robot yang didasarkan kepada platform RB3 kemungkinan akan tersedia di pasar global pada tahun ini. Beberapa perusahaan yang tertarik untuk menggunakannya, antara lain, LG, Naver, Anki, JD, dan Orion Star.

{Baca juga: Qualcomm Tanamkan Chipset 5G di PC}

Yang membuat menggembirakan, perangkat pengembangan platform tersebut telah tersedia di beberapa negara. Akan tetapi, secara keseluruhan, varian 5G dari platform RB3 baru akan tersedia pada tahun ini.

Sayang, belum diketahui apakah Qualcomm akan benar-benar mendulang kesuksesan masuk ke industri robot. Asal tahu saja, perusahaan pesaing seperti Intel dan NVIDIA telah terlebih dulu masuk ke pasar itu.

Tampaknya, Qualcomm berusaha masuk ke industri robot untuk mencari sumber penghasilan lain. Dengan demikian, perusahaan tidak lagi menggantungkan diri sepenuhnya kepada chipset untuk smartphone. (SN/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here