Qualcomm Tanamkan Chipset 5G di PC

Telset.id, Jakarta – Qualcomm membuat pengumuman baru terkait 5G dan laptop. Produsen chipset asal Amerika Serikat ini meluncurkan komponen chipset 5G di PC pertama di industri, yakni Snapdragon 8cx 5G.

Seperti namanya, chipset Snapdragon 8cx menggabungkan teknologi 7nm Snapdragon 8xc SoC yang diperkenalkan pada Desember lalu dengan modem 5G. Platform Qualcomm untuk chipset 5G untuk PC menggunakan modem X55 bukan X50.

Berkat modem X55, PC akan menawarkan kecepatan download tertinggi 2,5 Gbps pada jaringan 4G dan 7Gbps untuk jaringan 5G.

Selain itu, modem juga mendukung jaringan 5G Standalone dan Non-Standalone, sehingga memnbuatnya siap untuk jaringan 5G yang lebih maju di tahun mendatang.

{Baca juga: Qualcomm Tunjuk Samsung jadi Pembuat Chipset 5G}

Meskipun PC yang terhubung selalu aktif hanya menyumbang sebagai kecil dari pasar, daya tarik mereka meningkat seiring dengan peningkatan kinerja. Snapdragon 8cx sudah menargetkan titik kinerja yang lebih menengah dibanding rendah.

Meski baru diperkenalkan tapi sudah ada produsen PC yang siap menggunakan platform Qualcomm 5G. Adalah Lenovo yang akan menjadi yang pertama menawarkan PC yang terhubung ke 5G.

VP Lenovo Johnson Jia mencatat, platform baru Qualcomm akan memungkinkan pengalaman yang lebih baik, cepat, dan mulus bagi konsumen, usaha kecil, serta besar, seperti dilaporkan Android Authority.

{Baca juga: 18 Vendor Pastikan Gunakan Chipset 5G Qualcomm}

Snapdragon 8cx 5G saat ini menjadi sampel bagi pelanggan dan diharapkan akan ada di perangkat komersial pada akhir 2019 dan awal 2020. [BA/HBS]

Sumber: Android Authority

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI