Pesawat Ruang Angkasa China Mendarat di Mars Mei 2021

Telset.id, Jakarta – Pesawat ruang angkasa milik China diperkirakan akan mendarat di Mars pada Mei 2021. Media pemerintah melaporkan pada pekan lalu, mengutip pejabat badan antariksa.

Pesawat ruang angkasa China, yang meninggalkan Bumi pada Juli 2020, akan mendarat di Utopia Planitia, sebuah dataran di belahan utara Mars. Demikian lapor China News Service, mengutip Liu Tongjie, juru bicara misi Mars.

Dikutip Telset.id dari New York Post, pesawat ruang angkasa Amerika Serikat dan Uni Emirat Arab tahun ini juga sedang dalam perjalanan ke Mars. Namun, hanya AS yang akan melakukan pendaratan.

{Baca juga: Tesla Roadster dan Starman Mulai Dekati Planet Mars}

Sekira 13 tahun silam atau pada 2003, China menjadi negara ketiga yang menempatkan manusia di luar angkasa. Kala itu, pemerintah China mengirim roket ciptaan sendiri ke laur Bumi, menyusul Uni Soviet dan Amerika Serikat.

China telah menjadikan eksplorasi luar angkasa sebagai prioritas utama dalam beberapa tahun terakhir. China bahkan telah mendeklarasikan diri, berusaha menjadi kekuatan luar angkasa utama di seluruh dunia pada 2030.

Seperti telah diberitakan, Badan antariksa China mengambil nama Tianwen-1 untuk misi eksplorasi ke Mars. Peluncuran pesawat China bertepatan dengan Hari Antariksa China dan peringatan 50 tahun peluncuran satelit pertama.

Badan antariksa China mengatakan bahwa nama Tianwen-1 berasal dari “Tianwen” atau “Pertanyaan ke Surga”. Nama itu merujuk kepada sebuah puisi yang ditulis oleh Qu Yuan, yang hidup lebih dari dua milenium lalu.

{Baca juga: Misi Gila Elon Musk, Kirim Orang ke Mars Tahun 2024}

Ngomong–ngomong soal misi ke Mars, Elon Musk lewat perusahaan luar angkasa SpaceX sebelumnya dikabarkan ingin kirim orang ke Planet Mars dalam empat tahun mendatang, atau sekitar tahun 2024. Musk sudah membuat keputusan bulat terkait rencana tersebut.

Planet kita terdiri atas sejumlah sumber daya terbatas yang pada akhirnya akan habis. Itulah sebabnya kenapa banyak yang mulai beralih ke penciptaan teknologi alternatif yang lebih berkelanjutan. [SN/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here