Pesan Berantai “Black Dot” Teror Pengguna WhatsApp

Telset.id, Jakarta – Akhir-akhir ini, beberapa pengguna WhatsApp merasa terteror dengan pesan berantai black dot. Pesan tersebut tidak hanya bisa membuat aplikasi WhatsApp crash, tapi juga merusak perangkat Android.

Pesan jahat semacam itu sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru dan tidak hanya menyasar perangkat bersistem operasi Android. Aplikasi pesan iMessage di perangkat iOS bahkan beberapa kali mengalami hal serupa dan mengakibatkan crash.

Menurut laporan Phone Arena, pesan black dot berisi teks dengan simbol-simbol tersembunyi. Jika pengguna mengetuk sebagian teks, simbol-simbol tersebut akan beranak pinak dan membebani kinerja WhatsApp serta sistem operasi.

Tak cuma black dot, ada pesan satu lagi di WhatsApp yang mendatangi nomor-nomor pengguna dan bisa menimbulkan crash. Namun, berbeda dengan black dot yang datang lewat peringatan, satu varian pesan itu muncul secara tiba-tiba.

Meski demikian, baik black dot maupun pesan tersebut sama-sama menyertakan karakter khusus yang tidak ditampilkan secara jelas. Keduanya bekerja hampir identik, yakni mengubah perilaku teks untuk menyebarkan simbol-simbol ke aplikasi maupun perangkat.

Nantinya, apabila jumlah simbol yang berlebih tidak terlihat, WhatsApp akan berhenti bekerja. Di kasus yang lebih parah, perangkat Android atau iOS milik pengguna ikut-ikutan eror. Sayang, meski pesan jahat tersebut menyerang, WhatsAPp belum melakukan tindakan apapun.

Beberapa tahun silam, kasus serupa pernah diuji di India. WhatsApp versi Android dibikin crash alias berhenti mendadak hanya dengan mengirim sebuah pesan. Temuan itu diinisiasi oleh dua remaja 17 tahun asal India, Indrajeet Bhuyan dan Saurav Kar.

Berita Terkait: Awas! Bug di WhatsApp Bisa Intip Kebiasaan Tidur Anda

Kedua remaja yang juga aktif dalam kegiatan riset keamanan independen tersebut menciptakan sebuah pesan berisi 2.000 huruf (2KB) yang terdiri atas set karakter khusus. Begitu pesan khusus terkirim dan coba dibaca oleh penerima, aplikasi WhatsApp bakal mengalami crash.

Setelahnya, WhatsApp bisa dibuka lagi, tetapi akan kembali crash apabila pesan khusus tadi dibuka. Pengguna harus menghapus keseluruhan isi obrolan agar bisa saling berkirim pesan lagi ke teman. Pesan jahat itu menyerang WhatsApp yang berjalan di Android. [SN/HBS]

Sumber: Phonearena

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here