Produsen Mobil SEAT Bikin Ventilator dari Wiper Kaca

Ventilator Wiper kaca

Telset.id, Jakarta  – Pembuat mobil Spanyol, SEAT, sedang mengembangkan ventilator dari wiper kaca mobil untuk penanganan pasien virus corona di jalur perakitan di Barcelona.

Seperti dilansir New York Post, para insinyur perusahaan yang dimiliki VW tersebut coba memanfaatkan motor wiper atau pembersih kaca depan mobil untuk mengoperasikan pompa perangkat ventilator.

{Baca juga: Katup Pernapasan 3D Dipakai untuk Perawatan Pasien Corona}

SEAT telah melewati 13 tahap prototipe selama dua minggu terakhir sebelum menyelesaikan desain. Sekitar 90 persen materialnya berasal dari model mobil kompak Leon yang biasanya diproduksi di jalur fasilitas itu.

Dikutip Telset.id, Kamis (9/4/2020), perangkat seukuran komputer menara tersebut terbuat dari lebih dari 80 bagian elektronik. Ketika sudah selesai proses perakitan, ventilator dari wiper kaca itu disterilkan dengan sinar ultraviolet.

SEAT bekerja sama dengan Universitas Barcelona dan beberapa pemasok onderdil otomotif dalam proyek itu. Bahkan, SEAT melibatkan sejumlah pakar medis dan pemerintah Spanyol untuk mengembangkannya.

Badan Obat-Obatan dan Produk Kesehatan Spanyol  telah mengizinkan uji klinis alat pernapasan tersebut. SEAT mengklaim memiliki kemampuan untuk membuat hingga 300 ventilator per hari ketika proyek dimulai.

{Baca juga: Masker Snorkeling ‘Disulap’ Jadi Ventilator untuk Pasien Corona}

Ford dan General Motors sebelumnya juga membuat ventilator dari desain medis yang ada. Tesla pun telah memakai suku cadang mobil untuk menciptakan prototipe ventilator guna membantu pasien Covid-19.

Sebelumnya, CEO Cristian Fracassi dan insinyur Alessandro Romaioli dari Italia berhasil membuat ventilator dari masker snorkeling  untuk pasien Corona. Romaioli akhirnya menerima tawaran dari perusahaan percetakan 3D  yang ingin bergabung dan membantu.

Beberapa negara bahkan berminat menggunakan teknologi serupa untuk menangani hal serupa. Tapi, sebuah proyek baru hadir dari seorang staf Isinnova di Brescia, wilayah di Italia utara. [SN/HBS]

VIDEO “OPPO RENO 3 UNBOXING & HANDS-ON: Kamera 108MP dengan AI”:

SOURCENew York Post
Previous articleSatelit Nusantara Gagal Mengorbit, Menkominfo Pastikan Siaran TV Aman
Next articleHuawei P40 dan P40 Pro+ Juga akan Masuk Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here