Perusahaan di Jepang Bikin Robot Gundam Raksasa

Telset.id, Jakarta  – Sebuah perusahaan Jepang telah membuat kartun anime populer dalam ukuran besar dengan meluncurkan robot “Gundam” seberat 55.000 pon dengan tinggi 59 kaki.

“Mesin raksasa” itu menjulang di atas sebuah pabrik di Yokohama di luar Tokyo. Ia menggerakkan lengan, kaki, dan tubuh tanpa kesulitan. Bahkan, robot tersebut bisa berlutut.

{Baca juga: United Airlines Berdayakan Robot Raksasa untuk Bunuh Kuman}

Robot itu dibangun di atas kerangka mekanis, selesai pada Juli 2020. Ia bahkan diberkati oleh pendeta Shinto selama upacara tradisional jotoshiki sebelum kepalanya dipasang.

Seperti dikutip Telset.id dari New York Post, Rabu (23/9/2020), rilis video pada Senin (21/9/2020) lalu menandai penayangan publik skala besar pertama robot “Gundam” itu.

Berlokasi di Dermaga Yamashita Yokohama, robot Gundam telah dikerjakan sejak enam tahun lalu atau 2014. Waktu selama itu sudah termasuk dua tahun perencanaan dan pengembangan.

Gundam adalah mesin militer besar yang ditampilkan dalam fiksi ilmiah Jepang “Mobile Suit Gundam”. Raksasa kehidupan nyata tersebut didasarkan kepada model RX-78-2 di serial anime.

{Baca juga: Robot Anjing Patroli di Pangkalan Angkatan Udara AS (VIDEO)}

Pabrik Gundam Yokohama, yang memproduksi robot asli, akan menjadi tuan rumah acara pembukaan pada  bulan depan, tetapi harus ditunda karena pandemi virus corona.

Bicara soal robot memang selalu menarik. Pasalnya, teknologi robotic kini sudah mulai banyak digunakan untuk membantu manusia untuk berbagai keperluan. Mulai dari untuk dunia kedokteran, untuk bisnis, hingga untuk keperluan militer dan intelijen.

Contohnya seperti robot anjing Vision 60 yang bisa melakukan patroli di pangkalan Angkatan Udara (AU) Amerika Serikat (AS). Mereka akan menjalankan misi intelijen, pengawasan, pengintaian, pemetaan, dan komunikasi. [SN/HBS]

Simak Video Terbaru “Unboxing Realme 7i: Gede Semua..!!”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0