Pertama Kali, Tablet Android Berhasil Gusur iPad

Ilustrasi iPad vs tablet AndroidJakarta – Setelah sekitar 4 tahun menguasai pasar tablet, Apple iPad harus rela dilengserkan oleh tablet Android. Ini merupakan pertama kalinya iPad turun tahta sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2010 silam.

Apple iPad memang bisa dibilang menjadi pionir perangkat tablet. Sejak pertama dirilis tahun 2010, iPad nyaris menguasai pasar tablet sendirian tanpa mendapat pesaing yang cukup kuat menggoyang hegemoninya, meski dua tahun belakangan, pasar tablet dibanjiri produk baru yang sangat beraneka ragam.

Namun sekuat-kuatnya iPad, ternyata akhirnya goyah juga dibombardir produk-produk pesaing, terutama tablet Android. Ya, akhirnya tahun 2013 menjadi catatan  manis buat tablet Android karena berhasil mengalahkan penjualan iPad.

Menurut laporan terbaru yang dikeluarkan lembaga survey Gartner, sepanjang tahun 2013 lalu, ada 121 juta unit tablet Android yang terjual di pasaran, atau naik dua kali lipat lebih dibanding tahun 2012 dengan 53 juta unit.

Sementara penjualan iPad, sebenarnya naik dari 61,4 juta unit menjadi 70,4 juta unit di tahun 2013, namun jumlah tersebut tidak cukup membantu iPad mempertahankan posisinya sebagai penguasa pasar tablet.

Kenaikan pesat juga dicatat Microsoft. Penjualan tablet dengan platform Windows berhasil mencatat angka penjualan 4 juta lebih unit di tahun 2013, atau naik dari 1,1 juta unit di tahun 2012.

Dikutip telsetNews dari PhoneArena, Rabu (5/3/2014), dengan naiknya posisi tablet Android ke posisi pertama, maka kini peta pasar tablet dikuasai Android dengan pangsa pasar sebesar 61,9 persen, Apple iOS (36%) dan Microsoft (2,1%).

Keberhasil tablet Android menggusur iPad, banyak dipengaruhi oleh semakin banyaknya pilihan tablet degan harga yang lebih variatif (beragam).

“’Tahun 2013 tablet menjadi fenomena mainstream, dengan banyaknya pilihan tablet berbasis Android dengan harga yang cocok dengan kebanyakan konsumen, namun tetap menawarkan spesifikasi yang bagus,” kata Roberto Cozza, direktur riset Gartner.[HBS]

Pangsa pasar tablet 2013

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI