Perkuat Iklan Mobile, AOL Caplok Millenial Media

AOL officeJAKARTA – AOL yang baru saja diakuisisi oleh Verizon senilai USD 4,4 miliar pada awal tahun ini, mengumumkan pembelian Millenial Media. Pembelian ini diduga untuk memperkuat bisnis iklan digital, terutama iklan mobile.

AOL, seperti dilaporkan TechCrunch, menggelontorkan dana senilai USD 238 juta untuk mencaplok Millenial. Proses akuisisi ini disebutkan telah dituntaskan pada Juli lalu.

Dengan pembelian ini, AOL akan memiliki rekam jejak lebih besar di iklan mobile. Saat ini jaringan Milenial mencakup 65 ribu aplikasi dan 1 miliar pengguna aktif secara global, terutama di Amerika Serikat, Singapura, Jepang, Inggris, Perancis dan Jerman.

Pembelian ini juga jadi bagian dari strategi AOL dan induknya, Verizon, untuk memonetisasi pengguna layanan mobile operator terbesar di negeri Paman Sam ini. Sementara bagi Millennial, pembelian ini akan menambah kompetensi perusahaan ini di iklan berbasis teknologi.

Pembelian ini juga dipercaya akan menambah valuasi nilai Millennial yang terjun bebas dari USD 2 miliar ketika masuk lantai bursa di 2012, sementara saat ini hanya USD 300 juta.

Mengutip e-Marketer, AOL menyatakan pasar iklan mobile masih kecil dibanding industri iklan digital. Meski begitu, potensinya besar mengingat perpindahan pengguna komputer ke tablet dan smartphone semakin meningkat.

Masih menurut e-Marketer, bahwa 69% belanja iklan mobile akan berbentuk video program dengan estimasi pasar USD 4 miliar di 2016. [AI/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here