Pentagon Bikin “Daftar Haram” Software Buatan Rusia dan China

Telset.id, Jakarta – Pentagon sedang membuat sebuah software berisi daftar “jangan beli” untuk memblokir vendor yang menggunakan kode software yang berasal dari Rusia dan China. Hal ini disampaikan seorang pejabat berwenang di Departemen Pertahanan pada Jumat (27/7/2018) kemarin.

Sekretaris bidang pertahanan, Ellen Lord, mengatakan kepada wartawan bahwa Pentagon telah bekerja selama enam bulan untuk membuat daftar vendor perangkat lunak “jangan beli”.

Daftar ini dimaksudkan untuk membantu staf akuisisi Departemen Pertahanan dan mitra industri agar terhindar dari pembelian kode bermasalah bagi Pentagon dan pemasok.

“Apa yang kami lakukan adalah memastikan bahwa kami tidak membeli perangkat lunak yang memiliki asal-usul Rusia atau Cina, misalnya, dan biasanya cukup sulit untuk menemukan perusaan induknya,” katanya kepada wartawan yang berkumpul di ruang konferensi di sebuah kantor di Pentagon.

Dia mengatakan, Pentagon telah bekerja keras dengan komunitas intelijen, dan telah mengidentifikasi perusahaan tertentu yang tidak konsisten beroperasi sesuai standar.

Perusahaan yang teridentifikasi selanjutnya akan dimasukan ke dalam daftar yang selanjutnya akan dibagikan kepada staf akuisisi Pentagon.

Ia juga mengatakan, sebuah laporan yang akan datang tentang rantai pasokan militer AS akan menunjukkan ketergantungan Pentagon pada komponen China untuk beberapa peralatan militer.

Laporan dari basis industri akan menunjukkan “ada fokus besar ketergantungan pada negara asing untuk pasokan, dan angka untuk China paling mencolok”. [BA/HBS]

Sumber: CNBC

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here