telset

Peneliti Kembangkan Robot Seukuran Benang, Seperti apa?

Telset.id, Jakarta – Perkembangan teknologi terus memberikan inovasi ke dunia kesehatan. Baru-baru peneliti mengembangkan robot seukuran benang yang bisa masuk ke pembuluh darah manusia, seperti apa?

Dilansir Telset.id dari Ubergizmo pada Jumat (30/08/2019) robot ini dibuat oleh peneliti dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) Amerika Serikat.

Robot ini sangat tipis sehingga mirip sebuah benang. Robot ini dapat digunakan sebagai pengganti metode bedah otak terbuka, karena dapat mengantarkan obat untuk mengobati stroke atau aneurisma otak.

{Baca juga: Biar Gak Jatuh, Peneliti Ciptakan Ekor Robot untuk Lansia}

Mereka terbuat dari paduan nikel-titanium yang lentur dan kenyal sehingga bisa masuk ke jaringan pembuluh darah. Selain itu robot ini juga  juga dilapisi dalam pasta karet dengan partikel magnetik dan hidrogel yang membuatnya halus dan bebas gesekan.

Robot ini juga dapat dikendalikan dari jarak jauh sehingga dokter tidak perlu berada di ruangan yang sama untuk mengoperasikannya. Misalnya dokter dapat mengoperasi pasien di lebih banyak daerah pedesaan tanpa harus kesana.

Selain bermanfaat bagi pasien, robot ini juga bermanfaat bagi dokter karena bisa mengurangi radiasai fluoroskop dan sinar-X yang biasanya terjadi ketika melakukan operasi bedah otak.

Sayangnya saat ini robot belum siap untuk penggunaan klinis, jadi Anda mungkin tidak akan melihatnya di meja operasi dalam waktu dekat.

Sebelumnya para ilmuwan telah mengembangkan perangkat robotik nan revolusioner yang diklaim mampu meningkatkan kemampuan berjalan dan berlari. Perangkat ini nantinya akan membantu pasien penderita gangguan penyakit otak atau neurodegeneratif.

{Baca juga: Perangkat Robotik Ini Bantu Penderita Penyakit Otak}

Seperti dilansir New York Post, perangkat tersebut bisa dikenakan oleh petugas pemadam kebakaran atau petugas penyelamat yang menavigasi medan menantang. Perangkat itu mempunyai berat 11 pound atau sekitar lima kiligram dan terbuat dari komponen tekstil. Perangkat akan menempel di pinggang dan paha pengguna. [NM/HBS]

Sumber: Ubergizmo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0