Pendiri Apple Tidak Setuju Konsep Cloud Computing

Steve Wozniak, Co-founder Apple
Steve Wozniak, Co-founder Apple

Jakarta – Co-founder Apple, Steve Wozniak dikenal sering memberikan komentar yang ceplas-ceplos, bahkan terkadang ia tak segan mengkritik Apple. Pernyataan controversial kembali dilontarkan Wozniak saat diwawancarai oleh situs FayerWayer beberapa waktu lalu.

Dalam sesi wawancara itu, Wozniak berbicara tentang banyak hal, seperti reboot desain dalam iOS 7, kontroversi NSA PRISM di AS, dan juga membahas soal cloud computing yang kini mulai menjadi trend di industri IT.

Menariknya, saat berbicara soal cloud computing, Wozniak justru mengungkapkan ketidaksetujuannya terhadap layanan media penyimpanan awan tersebut. Dia menegaskan, cloud kini telah menggerus konsep kepemilikan konten digital dari para pengguna.

Menurut pria yang disapa Woz itu, sekalipun Anda membayar untuk menggunakan konten tersebut, namun Anda tetap tidak sepenuhnya berhak atas kepemilikannya. Kebebasan Anda dalam menggunakannya juga dibatasi oleh berbagai aturan.

“Disaat kita masuk ke abad digital, Anda kini sudah kesulitan untuk benar-benar memiliki sesuatu secara nyata. Lihat saja layanan berlangganan cloud sekarang, Anda diharuskan untuk menyetujui ketentuan-ketentuan sesuai layanan mereka, tapi Anda tidak memiliki hak untuk mengaturnya,” ketusnya

“Jika Anda mengunggah sebuah konten di cloud, maka Anda tidak benar-benar memilikinya. Anda telah menyetujui kesepatakan aturan tersebut. Kalau konten tersebut hilang atau mereka memutuskan untuk tidak menyukai Anda, maka akses akan langsung diputus, dan Anda akan kehilangan foto-foto berharga (ataupun konten lainnya). Ketika kita tumbuh, konsep kepemilikan semacam inilah yang membedakan antara Amerika dengan (komunisme) di Rusia,” ujar Woz.

Ingin tahu lebih banyak tentang apa saja yang dibicarakan Woz saat diwawancarai situs FayerWayer? Simak tayangan videonya dibawah ini yang telsetNews kutip dari BGR, Minggu (16/6):

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0