Pendiri Apple Senang Apple Beli Beats

Steve Wozniak Apple

Jakarta – Sesepuh yang juga pendiri Apple, Steve Wozniak memuji langkah Apple yang telah berhasil membeli Beats Electronics. Menurut Wozniak, pembelian Beats itu telah mengembalikan Apple kembali ke “akarnya”.

Meski rencana pembelian Beats sempat dikritik karena dianggap kemahalan, tapi Apple bergeming tetap membeli Beats senilai USD 3 miliar atau hampir mencapai Rp 35 triliun. Berbeda dengan pendapat para analis, Wozniak justru memuji keputusan Apple membeli Beats.

Tentunya pria yang dikenal ceplas-ceplos ini punya alasan sendiri. Kepada Cnet Wozniak mengatakan bahwa Apple telah kembali ke “rootnya” (akarnya, red).

“Ini merupakan sinyal yang baik, mengingat Apple telah memilih brand dengan asosiasi yang kuat untuk menjadi keren,” ujar pria yang akrab disapa Woz itu, dikutip dari Cnet, Senin (2/6/2014).

Namun bukan Wozniak namanya jika tidak memberikan kritik. Yup, dalam kesempatan itu Woz mengungkapkan kekhawatirannya jika headphone Beats mungkin hanya sekedar iseng-isengan saja.

Meski begitu, diakuinya jika dia harus membeli satu set headphone untuk dipakai sendiri, mungkin ia akan lebih memilih Beats daripada headphone buatan perusahaan lain seperti Skull Candy.

Headphone Beats memang sangat populer di segmen anak remaja. Namun bagian besar analis memprediksi alasan terbesar Apple membeli Beats adalah karena layanan streaming Beats Music.

Sebelumnya sudah sedikit terungkap alasan Apple rela menggelontorkan Rp 35 triliun untuk membeli Beats. Hal itu terungkap dalam sebuah wawancara dengan Senior Vice President Apple, Eddy Cue di acara Code Conference 2014 pekan lalu. Menurut Cue, setidaknya ada tiga alasan yang mendasari akuisisi tersebut.

Pertama, Bakat. Jimmy Iovine dinilai adalah orang paling berbakat yang pernah dia temui di industri musik. Begitupun Dr.Dre juga hebat. Keduanya dianggap sebagai tim yang sangat hebat.

Kedua, Headphone buatan mereka (Beats) sangat keren. Mereka berhasil melakukan hal hebat dalam pengerjaan audio dan membuat suara yang dihasilkan luar biasa. Dan alasan Ketiga, Beats Music. Layanan musik milik Beats ini dianggap bagus, dan berlangganan musik mereka lakukan dengan benar.

Menariknya, kemungkinan rencana Apple membeli Beats juga terungkap dalam dua dokumen paten Apple. Dari dokumen paten itu, terungkap rencana Apple di ranah hardware headphone.

Dokumen paten itu masing-masing berjudul “Deteksi Adanya Telinga di Earphone yang Dilengkapi Noise Cancelling” dan “Perangkat Elektronik dan Aksesoris yang Dilengkapi Fitur Kontrol Streaming Media.”

Kedua paten ini menerangkan soal dua sistem yang bisa dipakai oleh sensor headphone untuk mendeteksi adanya user, sehingga bisa menawarkan fungsi spesifik yang diinginkan user.

Dari keterangan dalam dokumen paten tersebut bisa diartikan bahwa streaming konten via internet akan otomatis dihentikan saat headphone dilepas atau tidak lagi menempel di telinga user. Dan streaming akan kembali berjalan saat headphone dipasang kembali ke telinga pengguna.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0