Inikah Rencana Apple Membeli Beats?

Paten Apple headphone

Jakarta – Pembelian Beats oleh Apple sedang menjadi berita terhangat saat ini. Tak hanya karena nilai pembeliannya yang fantastis, yakni mencapai angka Rp 35 triliun, tapi juga banyak pertanyaan mengenai apa yang akan dilakukan Apple dengan Beats ke depannya.

Akan sangat naif jika beranggapan Apple membeli Beats hanya untuk bisa berjualan headphone. Perusahaan yang digawangi musisi Dr. Dre dan entrepreneur Jimmy Iovine itu memang memproduksi perangkat headphone, tapi bukan itu yang akan jadi “barang dagangan” Apple nantinya.

Sejumlah analis memprediksi Apple akan bermain di industri music streaming dengan menggabungkan hardware headphone dan software Beats Music.

Rencana ke depan Apple dengan Beats sebenarnya mungkin sudah sedikit terkuak lewat dua paten milik Apple yang dipublikasikan pada hari Kamis (29/5) lalu. Dari dokumen paten itu, terlihat adanya rencana Apple di ranah hardware headphone.

Dokumen paten itu masing-masing berjudul “Deteksi Adanya Telinga di Earphone yang Dilengkapi Noise Cancelling” dan “Perangkat Elektronik dan Aksesoris yang Dilengkapi Fitur Kontrol Streaming Media.”

Kedua paten ini menerangkan soal dua sistem yang bisa dipakai oleh sensor headphone untuk mendeteksi adanya user, sehingga bisa menawarkan fungsi spesifik yang diinginkan user.

Dari keterangan dalam dokumen paten tersebut bisa diartikan bahwa streaming konten via internet akan otomatis dihentikan saat headphone dilepas atau tidak lagi menempel di telinga user. Dan streaming akan kembali berjalan saat headphone dipasang kembali ke telinga pengguna.

Semua ini masih berupa spekulasi dan prediksi-prediksi saja. Namun jika memang benar apa yang tertuang dalam paten Apple itu terkait dengan pembelian Beats Electronic, maka kemungkinan tak lama lagi akan ada inovasi baru yang telah lama ditunggu sejak Apple merilis iPhone generasi pertama di tahun 2007 lalu. [HBS]

Paten Apple untuk Beats

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI