Paten Kamera Apple Gentarkan GoPro

GoPro FlyingJAKARTA – Apple mematenkan desain untuk digital video camera yang berpotensi menyaingi kehebatan kamera portable buatan GoPro. Akibatnya fatal, saham GoPro langsung turun hingga 12% pada Selasa lalu, setelah masifnya pemberitaan paten kamera Apple ini.

Apple sendiri belum memberikan informasi apapun mengenai paten barunya ini. Dalam paten melingkupi desain untuk kontrol jarak jauh, digital kamera yang bisa disematkan di helm, papan surf serta topeng selam.

Berita paten Apple ini muncul di Patently Apple. Pada formulir aplikasi Apple ke US Patent and Trademark Office menyebutkan desain Apple ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari kamera GoPro.

Menurut dokumen Apple, yang dikutip telsetNews dari News.com.au, Kamis (15/1/2015), kamera GoPro diklaim bisa menyebabkan resistansi angin yang mengganggu dan menampilkan profil tinggi yang bisa cepat rusak.

Perwakilan GoPro dan Apple belum memberikan keterangan apapun mengenai hal ini. Paten ini diberikan oleh pihak yang berwenang pada Selasa lalu, sementara Apple sudah memasukkan dokumen dalam waktu lama.

Sementara itu, Jan Dawson analis produk teknologi konsumer dari firma Jackdaw Research, mengatakan sebaiknya pasar tidak perlu menilai berlebihan mengenai dokumen tersebut. Sebab Apple merupakan perusahaan besar yang mengembangkan banyak teknologi. Paten tersebut hanya satu friksi dalam upaya pengembangan produk komersial.

“Oleh sebab itu, setiap kali Apple masuk ke pasar baru dengan produk baru, akan menjadi berita buruk bagi pemain sebelumnya,” tandas Dawson. [AI/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here