Paten Baru Oppo Ungkap Ponsel Layar ‘Melengkung’

Oppo paten layar melengkungJAKARTA – Ponsel dengan model layar melengkung sepertinya akan menjadi tren di tahun ini. Setelah LG dan Samsung, beberapa vendor lainnya mulai latah ikut membuat desain melengkung. Oppo menjadi salah satunya.

Desain layar melengkung memang terlihat keren. Tapi untuk membuatnya bukan perkara mudah. Samsung membuat Galaxy S6 edge dengan layar melengkung membutuhkan waktu setahun untuk mendesainnya, dan proses produksinya pun sangat rumit, dan tentu saja mahal.

Oppo sepertinya menyadari kesulitan itu. Tapi vendor asal Tiongkok ini tak putus akal. Oppo telah menemukan cara untuk menciptakan sebuah layar yang akan memberikan pengalaman edge-to-edge, seperti yang terlihat dalam paten baru mereka.

Dalam keterangan dari sumber anonim, teknologi ini akan menggunakan modul layar persegi panjang tradisional, yang disebut Oppo sebagai sebuah panel dengan ‘special light guide structure’.

Artinya, seperti yang telsetNews kutip dari GSMArena, Senin (23/3/2015), teknologi yang dikembangkan Oppo ini bukan layar tanpa bezel, tapi display dengan bezel tipis yang pinggirannya diperkecil.

Jika melihat pada gambar, nampaknya lengkungan khusus di akhir sisi dari lapisan transparan tersebut menguraikan sinal dari panel, yang kemudian dipantulkan sehingga tampilan dari layar yang sebenarnya seperti diperlebar ke area tersebut. Hal ini akan membuat bezel dari modul layar tetap tersembunyi dan tak terlihat.

Pihak Oppo mengklaim desain ini akan menjadi kunci dari revolusi layar masa depan, karena teknologi ini bisa membuat para manufaktur smartphone menggunakan display trend ini tanpa harus keluar banyak biaya.

Oppo telah mendaftarkan paten barunya ini tanggal 19 Desember 2014 di Tiongkok, dan kemungkinan akan diproses sekitar tiga hingga enam bulan.[HBS]

SourceGSMArena

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0