Pasien HIV Sembuh Total Usai Jalani Pengobatan Ini

Pasien HIV

Telset.id, Jakarta – Seorang pasien HIV berusia 40 tahun dinyatakan sembuh total setelah mendapatkan pengobatan sel induk. Pria itu bernama Adam Castillejo, warga London, Inggris.

Ia adalah subjek penelitian ekstensif pada awal 2019 setelah dokter gagal menemukan HIV dalam tubuhnya selama periode 18 bulan. Padahal, Castillejo didiagnosis menderita HIV pada 2003 silam.

Selama bertahun-tahun, Castillejo minum obat untuk mengatasi perkembangan HIV. Pada 2012, ia didiagnosis menderita Limfoma Hodgkin dan kemudian menjalani transplantasi sumsum tulang.

{Baca juga: Ilmuwan China Pengedit Gen Bayi Dibui Tiga Tahun}

Operasi tersebut, dikutip Telset.id dari New York Post, Jumat (13/02/2020), justru menyembuhkannya dari HIV. Ia pun menjadi pasien HIV kedua di dunia yang sembuh dari penyakit yang mengakibatkan AIDS.

Seperti dilaporkan ScienceAlert, operasi transplantasi sumsum tulang yang dilakukan dokter terhadap Castillejo menggunakan sel dari donor dengan kekhasan genetik yang sangat istimewa.

Sel-sel dianggap bekerja melawan HIV dalam tubuh meski tidak ada jaminan bahwa transplantasi akan memberikan manfaat nyata selain mengobati kanker. Tapi, di kasus Castillejo, dokter berhasil.

Keputusan untuk merawat Castillejo dengan sel-sel induk unik bekerja lebih dari satu cara. Tahun lalu, dokter mengumumkan tidak dapat menemukan virus HIV di tubuh Castillejo setelah 18 bulan.

{Baca juga: Pertama di Dunia, Negara Ini Luncurkan Bank Sperma Positif HIV}

Dokter sempat ragu-ragu untuk menyatakan bahwa Castillejo sembuh dari HIV. Setelah putaran pengujian kembali, hasilnya sama. Dokter pun kianyakin bahwa bentuk aktif HIV telah dikalahkan.

Sebelumnya, penderita HIV di Berlin juga dinyatakan sembuh. Castillejo menjadi orang kedua yang lepas dari jeratan virus mematikan tersebut. Apakah metode pengobatan HIV mulai terjawab? (SN/MF)

SOURCENew York Post
Previous articleDampak Corona, Layanan Premium PornHub Gratis di Italia
Next articleAstronom Temukan Planet Ekstrasurya Super Panas, Penuh Hujan Besi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here