telset

Pakaian Ini Bisa Kendalikan Perangkat Elektronik dari Jarak Jauh

Telset.id, Jakarta  – Selain menghilangkan bakteri dan keringat, ada baju yang bisa menyalakan perangkat elektronik? Ya, ada. Semua berkat inovasi para peneliti dari Universitas Purdue, Amerika Serikat.

Menurut New York Post, seperti dikutip Telset.id, Minggu (11/8/2019), mereka mengembangkan inovasi kain yang memungkinkan si pemakai untuk mengontrol perangkat elektronik melalui pakaian.

{Baca juga: Duitnya Berlimpah, Orang Terkaya Dunia Ketahuan Malas Ganti Celana}

Menurut para peneliti, bahan tahan air dan antibakteri tersebut didasarkan kepada nanogenerator tribolectic omniphobik yang menggunakan bordir dan molekul terfluorinasi untuk menanamkan komponen.

Komponen itu berupa elektronik kecil yang mengubah pakaian menjadi kendali jarak jauh untuk perangkat elektronik. Teknologi tersebut diklaim oleh para peneliti merupakan yang kali pertama ada di dunia.

“Teknologi yang kami pakai mampu mengubah setiap kain atau tekstil menjadi sensor elektronik, pemutar musik, atau penerangan sederhana menggunakan bordir tanpa proses fabrikasi mahal,” kata peneliti.

Para peneliti sekarang mencari mitra untuk menguji dan kemungkinan mengomersilkan teknologi tersebut. “Bisa jadi ada beberapa contoh pakaian di pasaran yang bisa berinteraksi dengan pengguna,” katanya.

{Baca juga: Ilmuwan Inggris Kembangkan Panel Surya untuk Pakaian, Tujuannya?}

Tahun lalu, tim peneliti di Inggris membuat panel surya kecil yang dapat dimasukkan ke dalam pakaian. Alat itu akan digunakan untuk mengisi baterai ponsel atau fitness tracker atau pelacak kebugaran. [SN/HBS]

Sumber: NY Post

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0