Orang Dewasa Lebih Rentan Terkena Ancaman Online

Telset.id, Jakarta – Di dunia digital seperti saat sekarang ini, memberikan perlindungan terbaik pada perangkat sangatlah penting. Tidak hanya pada perangkat sendiri tapi perangkat yang dimiliki anggota keluarga juga patut Anda lindungi.

Menurut riset dari Kaspersky Lab dan B2B International, sebanyak 84% mayoritas pengguna Internet di usia 55 tahun ke atas kerap mengakses Internet di rumah beberapa kali setiap harinya dan 44% menghabiskan waktu mengakses Internet minimum 20 jam per minggu. Faktanya baik generasi tua maupun muda semakin melibatkan aktivitas online dalam kehidupan sehari-hari.

Riset di tengah tahun 2017 juga memperlihatkan bahwa kelompok usia ini rata-rata memiliki empat perangkat yang terkoneksi Internet di rumahnya, termasuk dua komputer dan dua telepon seluler.

Namun golongan yang berusia senior ini tidak melakukan langkah-langkah keamanan yang diperlukan. Sehingga membuat pengguna berada dalam posisi bahaya.

Meskipun banyak manfaat yang diperoleh dari Internet oleh generasi senior ini, di sisi lain anggota keluarga (60% dari responden) mengkhawatirkan keamanan mereka saat melakukan aktivitas di Internet karena generasi ini tidak melakukan langkah-langkah keamanan yang diperlukan. 44% di antara pengguna Internet mengakui bahwa anggota keluarga dengan usia senior pernah mengalami ancaman online. Termasuk sebanyak 15% mengalami penipuan online, 15% terkena malware atau virus dan 13% dimata-matai oleh perangkat lunak berbahaya.

Baca Juga : Fokus di Fitur Fotografi, Xiaomi Siap Bangun Divisi Khusus

Walaupun ancaman keamanan yang dapat dialami oleh anggota keluarga berusia senior begitu nyata, namun kekhawatiran ini tidak membuat generasi muda untuk melakukan tindakan perlindungan bagi mereka. Hanya 34% dari responden telah memasang solusi keamanan pada perangkat yang dimiliki oleh anggota keluarga lebih tua dan 32% hanya melakukan edukasi secara rutin mengenai ancaman di Internet. Sedangkan sepertiga responden (33%) tidak melakukan apapun untuk melindungi keluarganya yang lebih tua sehingga mengakibatkan meningkatnya risiko berhadapan dengan ancaman online. (MS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here