Resmi Diluncurkan, MediaTek Bagikan Detail Spesifikasi Dimensity 9200

Telset.id, Jakarta – Prosesor andalan MediaTek, Dimensity 9200 resmi diluncurkan. Perusahaan langsung membagikan detail spesifikasi serta daftar smartphone yang kompatibel dengan prosesor.

Chip besutan perusahaan asal China ini akan menghadirkan beberapa fitur baru dan menjadikannya yang pertama di industri prosesor smartphone.

MediaTek menyatakan akan fokus untuk menawarkan kinerja kelas atas dan konsumsi daya yang sangat rendah pada chipset terbarunya. Mereka juga berharap dapat menawarkan kepada pengguna pengalaman bermain game terbaik di smartphone.

Selain itu, Dimensity 9200 merupakan chipset pertama yang diluncurkan dengan inti utama Arm Cortex-X3 dengan clock 3,05 Ghz dan berdasarkan arsitektur ARMv9.

BACA JUGA:

Sebelum peluncurannya, beberapa bocoran yang memberikan informasi terkait betapa kuatnya Dimensity 9200 telah bermunculan. Chipset ini bahkan merajai beberapa benchmark, seperti AnTuTu dan GFXbench.

Spesifikasi Prosesor MediaTek Dimensity 9200

Dimensity 9200 Resmi Diluncurkan

MediaTek Dimensity 9200 didasarkan pada proses 4nm generasi kedua TSMC yang menawarkan pengaturan suhu CPU yang lebih baik. Perusahaan mengatakan bahwa konsumsi daya kinerja puncak CPU berkurang 25 persen dibandingkan dengan pendahulunya.

Dimensity 9200 juga merupakan chip pertama yang mengintegrasikan inti utama ARM Cortex-X3 dengan kecepatan clock mencapai 3,05GHz berdasarkan arsitektur ARMv9. Selain itu, ada juga tiga inti ARM Cortex-A715 yang berdetak pada 2,85GHz dan empat inti Cortex-A510 pada 1,8GHz.

SoC ini juga menyertakan GPU ARM Immortalis G715 baru dengan mesin ray tracing berbasis perangkat keras dan teknologi rendering dengan kecepatan variabel. Chipset ini mencetak 1,26 juta poin pada platform benchmark AnTuTu melampaui semua flagships Android.

Fitur Prosesor MediaTek Dimensity 9200

Dimensity 9200 Resmi Diluncurkan

Prosesor ini akan mendukung pengunaan RAM LPDDR5 yang cepat dan penyimpanan UFS 4.0 untuk memori internal dengan transmisi data yang cepat.

Selain itu chip juga mendukung hingga dua layar dengan tampilan resolusi 5K pada 60Hz, WHQD pada 144Hz, dan FHD pada 240Hz.

Teknologi layar Miravision 980 dikatakan dapat menghidupkan konten. Prosesor ini akan mencakup AI NPU (APU 900) generasi keenam yang menawarkan peningkatan 35 persen dari pendahulunya.

SoC diklaim menawarkan penghematan daya 30 persen dengan AI-NR dan 45 persen dengan AI-SR di semua aplikasi visual.

Dimensity 9200 memiliki fitur Imagiq 890 ISP yang menghadirkan dukungan asli untuk sensor RGBW yang mampu memotret RAW dengan cepat, memberikan 30 persen lebih banyak cahaya, video dan foto HDR cahaya rendah yang lebih tajam dan terang.

BACA JUGA:

Dimensity 9200 juga merupakan prosesor smartphone pertama yang memiliki konektivitas WiFi 7. Ini juga akan mengintegrasikan modem 5G built-in dengan dukungan untuk koneksi sub-6GHz dan mmWave.

Smartphone dengan MediaTek Dimensity 9200

Dimensity 9200 Resmi Dirilis

Ponsel pertama yang ditenagai MediaTek Dimensity 9200 diperkirakan akan diluncurkan pada akhir 2022. Sementara itu, Vivo mengonfirmasi akan meluncurkan ponsel andalan dengan prosesor MediaTek terbaru. Meskipun nama smartphone belum diungkap, diharapkan smartphone tersebut adalah seri X90.

OPPO juga telah mengkonfirmasi bahwa Find X generasi berikutnya akan dilengkapi dengan SoC Dimensity 9200. Selain itu, eksekutif lain dari Xiaomi, Honor, dan ASUS ROG juga mengkonfirmasi bahwa mereka menantikan peluncuran smartphone dengan chipset andalan MediaTek terbaru. [FY/IF]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0