Operator Masih Mengkaji Soal Palapa Ring Timur

Telset.id, Jakarta – Operator telekomunikasi masih mengkaji soal perlu tidaknya menyewa jaringan Paket Palapa Ring Timur yang telah selesai dibangun. Hal ini diungkapkan oleh dua operator besar Indonesia, yakni Telkomsel dan XL Axiata.

Menurut General Manager External Corporate Communications Telkomsel, Aldin Hasyim Telkomsel mendukung adanya Palapa Ring Timur karena sejalan dengan komitmen mereka dalam menyediakan layanan broadband yang merata di seluruh Indonesia.

{Baca juga: Jokowi Resmikan Palapa Ring, Hubungkan 514 Kabupaten dan Kota}

Namun, menurut Aldin, Telkomsel belum dapat memastikan akan menyewa Palapa Ring Paket Timur atau tidak, karena masih harus mengkajinya terlebih dahulu.

“Untuk langkah selanjutnya, Telkomsel sebagai bagian dari Telkom Group masih dalam tahap analisa dan review dalam hal penyewaan Palapa Ring tersebut sesuai dengan kebutuhan perusahaan,” ujar Aldin kepada Tim Telset.id pada Selasa (15/10/2019).

Hal serupa juga dikatakan oleh Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih. Manurutnya, XL sebenarnya telah menyewa Palapa Ring Paket Barat untuk pengoperasian layanan 4G LTE di Kepulauan Anambas & Natuna.

Begitu pun dengan Paket Tengah, XL sedang dalam tahap instalasi di beberapa area. Namun untuk Paket Timur, XL masih melakukan kajian dan belum memutuskan apakah akan menyewanya atau tidak.

“Untuk Palapa Ring Paket Timur, kami masih melakukan review dan mempertimbangkannya,” ujar wanita yang akrab disapa Ayu itu.

{Baca juga: Rampung 100%, Palapa Ring Paket Timur Siap Digunakan}

Di kesempatan yang lain, Direktur Utama Bakti Kominfo, Anang Latif pun membuka kesempatan operator untuk melakukan uji coba. Operator bisa melakukan uji coba selama 3 bulan secara gratis.

“Kami sudah menyiapkan uji coba operasional selama bulan free untuk para operator,” tutur Anang. [NM/HBS]

 

 

Previous articlePalapa Ring Bisa Bantu Kembangkan Ekosistem Startup di Papua
Next articleApple Rilis Update iOS 13.1.3 dengan Sederet Perbaikan Bug

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here