JAKARTA – Menjelang liburan akhir tahun yang juga bertepatan dengan libur Natal dan Tahun Baru, selalu menjadi momen sibuk bagi para operator seluler. Peningkatan trafik komunikasi selalu mengalami peningkatan. Lalu persiapan apa saja yang dilakukan para operator untuk menyambut momen Natal dan Tahun Baru 2016?
Seperti tahun-tahun sebelumnya, para operator melakukan sejumlah peningkatan kapasitas dan kualitas jaringannya di seluruh Indonesia. Tiga operator, yakni Telkomsel, Indosat, XL Axiata, menyatakan telah melakukan persiapan untuk menghadapi lonjakan trafik di musim liburan akhir tahun.
Telkomsel
Untuk memastikan kesiapan jaringannya, Telkomsel telah melakukan uji jaringan di beberapa area maupun jalur utama yang diprediksi menjadi pusat keramaian, seperti tempat wisata dan pusat perbelanjaan. Fokus uji jaringan dilakukan ke layanan data.
“Periode akhir tahun merupakaan periode kebutuhan komunikasi pelanggan meningkat, khususnya layanan data yang penggunanya terus meningkat dari tahun ke tahun,” kata Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah.
Tahun ini Telkomsel telah mencanangkan program TrueBEx untuk penyediaan jaringan broadband di 30 Kota yang meliputi 1.000 POI (Point of Interest) untuk memastikan kecepatan akses layanan data dan stabilitas koneksi jaringan tetap terjaga.
Selain itu kehadiran 4G LTE di berbagai kota juga diharapkan akan meningkatkan kenyamanan pelanggan di dalam menggunakan mobile broadband.
Telkomsel memprediksi layanan data mengalami kenaikan yang paling signifikan mencapai 2.000 Terabyte atau naik 22.6% dibandingkan trafik data rata-rata di hari normal sepanjang tahun 2015.
Sementara layanan suara diperkirakan menjadi 1,64 Milyar menit atau naik 6,4%, sedangkan trafik SMS diperkirakan menjadi 1,04 Milyar SMS atau naik 18,8% dibandingkan dengan trafik normal hari biasa.
Mengantisipasi hal tersebut, Telkomsel melakukan sejumlah aktivitas, terutama untuk layanan data, seperti peningkatan kapasitas untuk Internet Service yang ditingkatkan menjadi 370,2 GBPS atau naik sekitar 60% dari tahun 2014.
Dalam hal kemampuan penanganan pelanggan VLR (Visitor Location Register) ditingkatkan sebesar 239 juta pelanggan (naik 11,7% dari tahun 2014). Kapasitas HLR (Home Location Register) sebesar 303,6 juta pelangan.
Sementara kapasitas OCS (Online Charging System) sebesar 162 juta diharapkan akan memberikan kenyamanan pelanggan dalam mengakses layanan data. Telkomsel juga mengerahkan 93 Compact Mobile BTS (COMBAT) untuk menjamin kualitas jaringan tetap prima.
Dari sisi layanan Telkomsel menyiagakan 392 Armada Mobile GraPARI, menjamin ketersediaan produk melalui 2.668 modern channel siaga dan 3.658 outlet siaga, serta didukung 73 GraPARI Siaga dan Call Centre yang siap melayani tanpa kenal hari libur.
Next: Indosat Ooredoo