Oh Tidak! Sebuah Robot Meledak Tiba-tiba saat Kirim Barang

Telset.id, Jakarta – Sebuah rekaman video menunjukan bahwa sebuah robot pengirim barang autonomous meledak secara tiba-tiba di trotoar di California. Tidak ada yang terluka dalam kecelakaan itu, dan api pun dengan cepat berhasil dipadamkan oleh seorang pejalan kaki.

Namun, startup pemilik robot pengirim barang ini harus menangguhkan layanannya untuk sementara waktu dan melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab terjadinya kecelakaan. Menurut perusahaan, kecelakaan itu disebabkan kesalahan manusia yang salah memasang baterai robot.

“Kami menganggap masalah ini sangat serius,” tulis Kiwi, perusahaan yang bertanggung jawab atas robot tersebut.

Setelah mengetahui kejadian itu, perusahaan segera mengirimkan tim khusus untuk mengurus robot. Untuk sementara, Kiwi menarik semua robot dari operasi, serta menangguhkan layanan hingga diketahui penyebab utamanya.

{Baca juga: JD.com Mulai Berdayakan Robot untuk Kirim Barang}

Pelanggan yang memiliki pesanan, untuk sementara akan diantar secara manual, guna meminimalkan dampak pada layanan. “Kami tidak ingin mengambil resiko, bagi pelanggan atau masyarakat,” katanya.

Robot Kiwi ini dirancang untuk mengirimkan makanan dalam radius 300 meter, mengambilnya langsung dari kurir dan mengantarnya hingga pintu depan pemesan.

{Baca juga: Robot Ini Setiap Hari ‘Wara-wiri’ Kirim Paket Belanjaan}

Sejumlah mahasiswa di kampus, sangat tersentuh oleh kematian robot kecil ini dan menyalakan lilin untuknya.

Saat ini, ada beberapa perusahaan yang menawarkan jasa pengiriman barang mengunakan robot autonomous. Semoga insiden ini menjadi pelajaran agar memastikan teknologi baterai yang digunakan benar-benar baik dan aman. [BA/IF]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here