NEWS

Oh Tidak! Bug Ekspos 6,8 Juta Foto Pengguna Facebook

Bagus Adi

Telset.id, Jakarta – Facebook mengaku mendapat serangan bug di perangkat lunak, yang berujung pada tereksposnya foto milik 6,8 juta pengguna. Foto-foto tersebut termasuk yang tidak mereka unggah ke lini masa.

Facebook mengatakan, beberapa aplikasi pihak ketiga memiliki akses terhadap sejumlah foto yang biasanya tidak bisa diakses selama 12 hari pada September 2018. Facebook akan memberitahukan para pengguna yang terkena dampak.

“Ketika memberikan izin kepada aplikasi untuk mengakses foto di Facebook, pengguna biasanya hanya memberikan akses untuk foto yang dibagikan di lini masa. Namun, bug juga mengakses foto yang tak terpublikasi,” kata Facebook.

Dilansir Reuters, dalam kasus ini, bug membuat aplikasi-aplikasi pihak ketiga bisa mendapatkan akses ke foto lain. Facebook menyebut, ada 1.500 aplikasi yang bisa mendapatkan akses ke foto pengguna.

{Baca juga: Bug Bikin Chat Lama di Facebook Messenger Nongol Lagi}

Selain foto yang ada di lini masa, bug juga membuat para developer aplikasi bisa mengakses foto di Stories dan Marketplace. Tidak hanya itu, mereka juga bisa melihat foto yang telah pengguna unggah ke Facebook tapi belum dirilis.

Facebook hanya meminta maaf atas kejadian ini. Mereka akan menyediakan alat bagi para developer untuk memeriksa apakah dapat mengakses foto yang seharusnya tidak diakses. Facebook juga akan menghapus foto-foto yang seharusnya tidak didapatkan oleh developer.

{Baca juga: Hati-hati! Bug Ini Ancam 50 Juta Pengguna Facebook}

Media sosial milik Mark Zuckerberg ini juga berencana untuk menghubungi para pengguna yang diduga terpengaruh oleh bug tersebut via notifikasi yang akan mengarahkan ke Help Center. Facebook pun merekomendasikan para pengguna untuk masuk ke aplikasi untuk memeriksa apakah foto diakses tanpa izin. [BA/IF]

Leave a Comment
Bagus Adi