Objek Luar Angkasa Misterius Kirim Sinyal ke Bumi, Alien?

Telset.id, Jakarta – Sebuah objek misterius di luar angkasa berjarak 500 juta tahun cahaya dari Bumi telah membingungkan para ilmuwan. Bagaimana tidak, objek misterius tersebut mengirimkan sinyal ke Bumi setiap 16 hari.

Para ilmuwan tidak tahu apa yang mengakibatkan fenomena itu. Namun, dilansir New York Post, mereka meyakininya sebagai pola semburan radio cepat pertama yang dapat diandalkan di luar angkasa.

Semburan radio yang baru ditemukan tersebut mengulangi kegiatan setiap 16 hari. Seperti dikutip Telset.id, Selasa (11/2/2020), aktivitas rutin itu menunjukkan ada sesuatu yang mengendalikan mereka.

{Baca juga: Astronom Deteksi Sinyal Misterius dari Luar Angkasa}

Para peneliti sejauh ini menemukan lebih dari 100 jenis semburan radio cepat. Kendati demikian, hanya 10 di antaranya yang terlihat berulang dan tidak ada yang menunjukkan tempo yang konsisten.

Para astrofisikawan menemukan pola tersebut dalam data Eksperimen Pemetaan Intensitas Hidrogen Kanada atau CHIME. CHIME sendiri merupakan teleskop radio dari British Columbia.

{Baca juga: Astronom Tangkap Gambar Komet Misterius, Pesawat Alien?}

Dari sana, ditemukan bahwa sinyal yang diterima berupa satu atau dua semburan radio. Sinyal tersebut akan meledak per jamnya selama empat hari, sebelum akhirnya berhenti selama 12 hari.

Siklus kemudian berulang sendiri. Semburan itu ditelusuri hingga galaksi spiral yang berjarak hampir 500 juta tahun cahaya dari Bumi. Duncan Lorimer, seorang astrofisika dari West Virginia University di Morgantown, mengatakan bahwa kejadian tersebut sangat berpotensi membawa kita ke objek misterius nan menarik di luar angkasa. (SN/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI