Lagi, Nomor WhatsApp Pengguna Tersebar di Google Search

Nomor WhatsApp di Google Search

Telset.id, Jakarta  – Kelemahan privasi membuat nomor WhatsApp bisa tersebar di Google Search. Kabarnya, kejadian itu disebabkan ada miskomunikasi antara WhatsApp dan Google.

Informasi munculnya nomor WhatsApp di Google Search ini awalnya ditemukan oleh WABetaInfo. Baru-baru ini, seperti dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Rabu (10/6/2020), informasi terungkap lagi setelah peneliti keamanan Athul Jayaram membagikannya di situs.

{Baca juga: Data WhatsApp di Google Drive Ternyata Tak Terenkripsi}

Menurut Jayaram, masalah tersebut muncul karena WhatsApp tidak meminta kepada Google untuk mengabaikan pengindeksan tautan tertentu yang berisi nomor telepon para pengguna. Padahal, Google punya alatnya.

Jayaram mengklaim bahwa Google telah menyediakan alat untuk administrator situs yang memungkinkan untuk membiarkan mesin pencari, termasuk Google Search, mengabaikan pengindeksan tautan tertentu.

Dan sebagai hasilnya, nomor telepon pengguna terdaftar secara tidak sengaja. Untungnya, WhatsApp mengaku telah memperbaiki masalah itu. Namun, WhatsApp tak memberi apresiasi atas penemuan Jayaram.

Juru bicara WhatsApp menyatakan bahwa perusahaan menghargai laporan dan waktu yang diluangkan Jayaram untuk melakukan penelitian tersebut. Akan tetapi, upaya Jayaram tidak masuk kriteria mendapatkan hadiah.

“Karena hanya berisi indeks mesin pencari dari URL yang dipilih pengguna untuk dipublikasikan. Semua pengguna WhatsApp, termasuk bisnis, dapat memblokir pesan yang tidak diinginkan dengan menekan tombol,” katanya.

Sebenarnya ini bukan kasus pertama. Sebelumnya seorang jurnalis dari Deutsche Welle bernama Jordan Wildon melaporkan kejadian yang sama.

Saat itu, ia mengatakan telah mendapati link Group WhatsApp ternyata terindeks oleh mesin pencarian Google, sehingga akan muncul di hasil pencarian.

{Baca juga: Waduh! Link Group WhatsApp Muncul di Pencarian Google}

Ia menjelaskan bahwa bug yang dia temukan ini memungkinkan orang dapat dengan mudah menemukan obrolan dari link Group WhatsApp.

Bahkan yang lebih mengejutkan lagi, seperti dilaporkan The Verge, percakapan yang bersifat pribadi bisa dilihat orang di Google, dan bahkan mereka bisa bergabung ke dalam group WhatsApp tersebut. [SN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here