Wah, Data WhatsApp di Google Drive Ternyata Tak Terenkripsi

Telset.id, Jakarta – Google dan Facebook bekerja sama menawarkan kepada pengguna WhatsApp untuk menyimpan semua data tanpa batas di Google Drive. Namun, siapa sangka bahwa pesan dan media yang tersimpan di server ternyata tidak terenkripsi.

Sekadar informasi, belum lama ini Google dan Facebook menyatakan bakal memberi gratis penyimpanan semua data tanpa batas kepada pengguna WhatsApp di Google Drive, berlaku mulai 12 November 2018. Sambutan pengguna pun cukup positif.

Namun, WhatsApp mulai memberitahu  pengguna bahwa enkripsi end-to-end ternyata tidak akan tersedia untuk pesan dan media yang disimpan di server cloud Google. Padahal, dilaporkan ZDNet, Selasa (28/8/2018), enkripsi end-to-end menjadi fitur terbaik WhatsApp.

Meski begitu, fitur enkripsi end-to-end masih tersedia untuk semua yang dikirim melalui aplikasi. Mencadangkan data WhatsApp di server Google hanyalah opsional. Bakal ada peringatan yang memungkinkan pengguna tahu bahwa data tidak akan terenkripsi.

Asal tahu saja, untuk bisa menikmati kuota penyimpanan tak terbatas di Google Drive, pengguna WhatsApp wajib memiliki akun Google di ponsel dengan aplikasi Google Play Store sudah terinstal. Pengguna juga butuh ruang kosong yang cukup di perangkat.

Untuk melakukannya, pengguna hanya perlu membuka WhatsApp, kemudian menekan tombol tiga titik bertumpuk di kanan atas layar ponsel. Lalu, tekan tombol Settings > Chats > Chat Backup dan pilih Backup to Google Drive.

Sebagai tambahan, data WhatsApp yang belum diperbarui selama lebih dari satu tahun juga akan dihapus secara otomatis dari penyimpanan Google Drive. Pengguna pun diminta membuat data cadangan WhatsApp sebelum 12 November 2018. [SN/IF]

Sumner : Zdnet

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI