Nokia Ngamuk Merk ‘HERE’ Ditiru

HERE LowdownappJAKARTA – Nokia HERE merupakan merk yang sudah dikenal luas sebagai produk layanan pemetaan milik Nokia. Namun belum lama ini sebuah startup asal Inggris, Lowdownapp meluncurkan aplikasi dengan nama yang mirip, yakni HERE. Alhasil, Nokia ngamuk dan mengancam akan menggugat perusahaan asal Inggris itu.

Aplikasi HERE dari Lowdownapp merupakan aplikasi asisten pribadi digital berbagi lokasi. Pengguna bisa menekan tombol HERE untuk membagikan lokasi dan juga sekaligus menandai jika telah tiba di sebuah lokasi.

Fungsi aplikasi HERE ini memang mirip dengan Nokia HERE yang juga berhubungan dengan pemetaan namun lebih ke arah navigasi. Karena memiliki nama dan fungsi yang mirip, sehingga membuat Nokia berencana akan memperkarakan perusahaan yang bermarkas di London itu.

Menurut Nokia, seperti dikutip telsetNews dari BBC, Minggu (1/2/2015), pemilihan nama yang sama itu akan membuat pengguna bingung, karena menganggap nama HERE tersebut merupakan bagian dari layanan pemetaan Nokia HERE.

Nokia tidak terima merk HERE dipakai oleh perusahaan lain, karena merk HERE sudah didaftarkan sebagai merk dagang untuk produk yang berhubungan dengan software komputer milik Nokia.

Perusahaan asal Finlandia itu juga mengklaim telah mengeluarkan investasi sebesar USD 12 juta dolar untuk mempromosikan merk HERE. Nokia khawatir aplikasi HERE besutan Lowdownapp itu akan membuat pengguna bingung dan membuat kerugian atas upaya Nokia membangun brand mereka di Inggris.

Oleh sebeb itu, Nokia meminta agar Lowdownapp mengganti nama produknya paling lambat tanggal 10 Februari mendatang. Nokia mengancam akan menyeret Lowdownapp ke meja hijau jika tidak mau mengganti nama aplikasinya.

Namun ancaman Nokia ini disambut dingin oleh pihak Lowdownapp. Menurut David Senior, chief executive dari Lowdownapp, ancaman Nokia tersebut menggelikan. Dia mengatakan bahwa orang sudah biasa mengatakan “Saya di sini (I’m here) untuk memberitahukan kedatangan atau posisi mereka.

Dengan alasan itu, pihak Lowdownapp merasa tidak salah menggunakan kata ‘HERE’ sebagai sebuah layanannya. Dian menilai, sebagai perusahaan besar, Nokia HERE tidak akan begitu terpengaruh dengan kehadiran aplikasi dari sebuah perusahaan kecil.

David justru menyindir Nokia dengan mengatakan bahwa sebaiknya Nokia lebih fokus membuat layanan pemetaan mereka menjadi lebih baik, agar bisa bersaing dengan layanan serupa milik Google dan Apple. Daripada rebut mengurusi perkara bisnis yang kecil.

David juga mengatakan bahwa kemungkinan yang akan dia lakukan hanyalah menghapus aplikasi HERE dai App Store. Tapi permintaan Nokia untuk menghilangkan tombol “HERE” dari aplikasi Lowdownapp, belum bisa dia lakukan karena akan berkonsultasi dulu dengan kuasa hukumnya. [HBS]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here