Nokia Bikin Jaket Pintar untuk Petugas Penyelamat

Telset.id, Jakarta – Selama bertahun-tahun, Nokia telah menciptakan sejumlah produk mutakhir. Pada 2010, Nokia pernah membuat layar sentuh berbahan es. Sekarang, Nokia memamerkan proyek baru berupa CHASE atau jaket pintar untuk perlengkapan kesehatan dan keselamatan.

Menurut Engadget, jaket cerdas bernama LifeTech FR tersebut dirancang bersama produsen fesyen asal Korea Selaran, Kolon, serta pengembang perangkat lunak dari Republik Ceko, Gina.

Dilihat sekilas, LifeTech FR seperti jaket polisi atau petugas pemadam kebakaran. Warnanya kuning kehijau-hijauan. Di ruang gelap, jaket itu bisa memancarkan warna layaknya fosfor.

LifeTech FR memiliki sensor modular di bagian atas, yang memungkinkan sang pemakai untuk mengakses data seperti detak jantung, suhu, GPS/lokasi, serta gerak atau akselerometer.

“Kami menghadirkannya secara perdana pada Mobile World Congress 2018 di Barcelona, Spanyol. Modul swappable yang ada di sekitar lengan dan dada LifeTech FR  bisa untuk meletakkan sensor,” terang pihak Nokia.

Jaket LifeTech FR dilengkapi sistem manajemen perangkat lunak besutan Gina untuk melacak. Sistem itu bisa membantu menemukan seseorang yang mungkin hilang.

[Baca juga: Wow! Nokia dan Vodafone Tancapkan BTS 4G di Bulan]

“LifeTech FR hadir dengan kain konduktif,  reflektif 3M yang memenuhi spesifikasi. Bahannya GORE-TEX dirancang agar nyaman dipakai dan tahan air. Sensor tidak akan rusak manakala jaket dicuci,” imbuh pihak Nokia.

Berdasarkan informasi, jaket LifeTech FR akan diproduksi untuk konsumen umum dalam 12-18 bulan ke depan. Namun, untuk sementara, Nokia membuatnya khusus petugas penyelamat. [SN/HBS]

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -