Nokia akan Bangun BTS 4G di Bulan, Buat Apa?

Nokia 4G di Bulan

Telset.id, Jakarta  – Nokia baru saja memenangkan kontrak untuk membangun jaringan 4G di Bulan. Ketersediaan internet di Bulan bertujuan membantu komunikasi dengan kecepatan lebih tinggi.

Kalau suatu hari pergi ke Bulan dan memutuskan ingin mengambil foto kemudian mempostingnya ke media sosial, Anda harus berterima kasih kepada Nokia. Sebab, Nokia baru saja menang kontrak spesial.

{Baca juga: Wow! Nokia dan Vodafone Tancapkan BTS 4G di Bulan}

Menurut laporan Ubergizmo, seperti dikutip Telset.id, Senin (19/10/2020), Nokia berhasil mengantongi USD 14,1 juta dalam pendanaan NASA untuk membantu menggelar infrastruktur 4G di Bulan.

Keberadaan 4G di Bulan tidak dimaksudkan untuk membantu para astronot memposting foto narsis. Ketersediaan internet di Bulan dirancang untuk membantu komunikasi dengan kecepatan yang lebih tinggi.

Keberadaan koneksi 4G di Bulan bertujuan untuk keandalan yang lebih baik. Asal tahu saja, selama misi Apollo, para insinyur harus mengandalkan komunikasi radio bersama penggunaan stasiun pangkalan.

Karena, menggunakan 4G di Bulan, sistem akan menjadi lebih efisien. Pertanyaan yang kemudian muncul, kenapa NASA tidak sekalian menempatkan koneksi 5G yang notabene jauh lebih cepat di Bulan?

{Baca juga: Eropa Enyahkan Huawei, Pilih Nokia untuk Kembangkan 5G}

Ada kemungkinan teknologi 5G tertentu tidak dapat menjangkau jarak yang lebih jauh dibanding 4G. Artinya, 5G belum tentu menjadi pilihan ideal untuk saat ini. Jadi, mari tunggu Nokia menjalankan misi NASA. [SN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here