Nokia 1020

nokia_lumia-1020_product_image

Desain

Tampil sebagai smartphone premiun, Nokia memilih untuk mengadopsi desain unibody pada Lumia 1020. Smartphone ini hadir dengan tiga pilihan warna yakni hitam, putih, dan kuning. Seluruh tubuh Lumia 1020 diselimuti dengan bahan polycarbonate yang membuat sidik jari Anda tertinggal ditubuhnya. Sisi atas dan sisi bawah smartphone ini dibuat rata, sedangkan sisi kiri dan kanannya dibuat membulat.

Tidak banyak pernak-pernik yang kami temui pada Lumia 1020. Hanya ada tombol volume, power, dan tombol terdedikasi kamera di sisi kanan smartphone. Sementara pada sisi atas tersemat slot untuk menyelipkan microSIM card serta lubang jack audio 3.5 mm. Sedangkan lubang speaker ditempatkan di tepi bawah ponsel bersama dengan port microUSB. Bagian depan Lumia 1020 di dominasi oleh layar sentuh dengan tiga ikon sentuh yang biasa ditemui pada kebanyakan smartphone berbasis Windows Phone.

Anda akan mudah mengenali Lumia 1020 bila melihat sisi belakangnya yang menjadi ciri khas ponsel Nokia dengan kamera PureView. Sisi belakang Lumia 1020 dibuat sedikit cembung dan terdapat bagian yang sedikit menonjol berwarna hitam yang merupakan tempat menyematkan lensa kamera dan dua LED flash. Bagian ini masih lebih tipis dibandingkan Nokia PureView 808 sehingga masih sangat memungkinkan untuk memasukkan Lumia 1020 ke dalam saku celana.

Menurut kami, tubuhnya yang berukuran 130.4x 71.4×10.4 mm tidak terlalu bongsor untuk smartphone berlayar 4,5 inch. Bahkan tubuhnya lebih tipis sekitar 0,4 inch dibandingkan Lumia 920 yang merupakan seri di bawahnya. Sayangnya, untuk smartphone seukuran Lumia 1020, smartphone ini masih tergolong berat dengan bobot mencapai 158 gram.

Display

Bila dilihat dari depan, tidak ada yang berbeda antara Lumia 1020 dengan Lumia 920. Keduanya dibekali dengan layar berteknologi touchscreen seluas 4.5 inch dengan resolusi 768 x 1280 pixel. Yang membedakan keduanya adalah jenis layar yang digunakan. Lumia 1020 menggunakan layar tipe AMOLED capacitive touchsceen yang memungkinkan Anda untuk menatap layar dari sudut pandang yang luas. Dukungan Pure HD+ dan teknilogi ClearBlack membuat tampilan di atas layarnya menjadi jernih dan jelas. Tidak lupa perlindungan Gorilla Glass 3 untuk menjaga kemurnian layar moleknya. Dengan begini, Anda tidak perlu khawatir layar Lumia 1020 akan tegores meskipun Lumia 1020 diletakkan di dalam tas bersama dengan benda-benda lain.

Tidak hanya itu saja, Nokia juga membekali layarnya dengan pengaturan automatic brightness yang akan menyesuaikan dengan kondisi cahaya secara otomatis yang menerpanya agar layar tetap terlihat meskipun di bawah terpaan sinar matahari. Anda juga bisa mengaturnya secara manual jika tidak puas dengan kecerahan yang dihasilkan.

Kekayaan pixel dari layar Lumia 1020 terlihat dari hamparan tampilan di atas layarnya yang terang dan jernih. Selain kemampuan layar Lumia 1020 yang sanggup menampilkan warna yang tajam, kenyamanan juga kami rasakan berkat sensitivitas layar sentuhnya yang mengaggumkan. Bahkan saat mengetik, keyboard virtualnya seperti memberikan kesan empuk, lembut, dan akurat.

Kinerja

Berbeda dengan pendahulunya, Lumia 1020 merupakan smartphone berbasis Windows Phone yang menggunakan sensor kamera sebesar 41 megapixel. Tentunya pengalaman yang dirasakan pengguna akan berbeda dibandingkan dengan sistem operasi Symbian yang dijalankan oleh PureView 808. Selain itu, Nokia Lumia 1020 juga diperkuat oleh prosesor dual core sebesar 1,5 GHz untuk memaksimalkan performanya yang berpadu dengan RAM 2 GB. Dengan kekuatan prosesor dan RAM yang dimiliki, Lumia 1020 bisa mengekseskusi berbagai perintah dengan cepat. Saat kami membuka beberapa aplikasi tanpa ditutup kembali, Lumia 1020 masih bisa beroperasi dengan baik.

Lumia 1020 tidak dilengkapi dengan slot untuk mengekspansi media penyimpanan. Tetapi smartphone ini sudah menyiapkan 32 GB internal storage yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Menurut kami, media penyimpanan yang disediakan sudah cukup memadai. Atau bila perlu, Anda bisa menggunakan Skydrive, cloud storage, sebagai tambahan.

Kamera

Nokia kembali menciptakan smartphone dengan kamera dengan resolusi raksasa. Sebelumnya, vendor asal Finlandia ini sudah pernah merilis Nokia PureView 808 dengan sensor kamera 41 megapixel. Kali ini, mereka membenamkan kamera dengan kekuatan serupa ke dalam seri Lumia.  Yup! Lumia 1020 merupakan smartphone berbasis Windows Phone pertama yang dilengkapi dengan sensor kamera beresolusi 41 megapixel dan menjadi senjata utama untuk menarik perhatian penggemar Lumia.

Pada dasarnya, Nokia menerapkan teknologi oversampling pada kamera Lumia 1020, termasuk juga pada PureView 808. Oversampling adalah keadaan yang mengkondisikan setiap pixel untuk menghasilkan sekitar 5 sensor sehingga hasil foto lebih berkualitas dibandingkan dengan kamera ponsel lain. cara ini membuat hasil jepretan Anda tidak selalu lahir dari kamera 41 megapixel. Kamera akan bekerja untuk menghasilkan foto dengan dari kamera beresolusi 5 megapixel, 34 megapixel, hingga 38 megapixel, namun disempurnakan dengan sensor kamera 41 megapixel. Kolaborasi antara sensor dan resolusi yang besar akan membuat Anda hasil jepretan sekelas kamera profesional lewat kamera ponsel. Dengan begini, kamera Lumia 1020 bisa membidik dengan hasil yang memuaskan.

Well, rumit memang untuk memahami cara kerja ini. Jadi, untuk membuktikan kehebatan kameranya, kami ajak Lumia 1020 untuk mengabadikan objek dengan berbagai kondisi cahaya. Kami biarkan hasil foto yang berbicara tentang kehebatan kamera Lumia 1020.

Anda bisa mengakses kamera dengan menekan tombol terdedikasi kamera atau mencarinya dari halaman menu. Setelah kamera aktif, Anda bisa memilih untuk membidik gambar dengan menekan tombol shutter atau menyentuh layarnya. Dibutuhkan waktu kira-kira 1 detik agar kamera bisa mengatur fokus objek secara otomatis. Kemampuan auto focus ini membantu Anda untuk menghasilkan foto yang tidak blur. Selain itu, fitur image stabilization juga menjaga supaya hasil foto tetap jelas saat Anda membidik objek bergerak.

Hampir semua foto yang kami ambil menggunakan kamera Lumia 1020 tampil dengan warna yang tajam tetapi tidak menyilaukan dan mendekati aslinya. Kami sangat menyukai aksi kamera ini  saat digunakan di luar ruangan dengan cahaya yang terang. Gambar yang ditangkap terlihat menawan tanpa harus diedit setelahnya. Setiap foto yang ditangkap akan menghabiskan sekitar 1MB – 10 MB.

Tidak hanya menampilkan foto yang biasa, Anda juga bisa memberikan kesan artistik, tentunya dengan tambahan skill photography yang memadai dengan membidik objek dari berbagai angle. Karena sudah dilengkapi dengan fitur touch to focus, Anda bisa memilih objek yang ingin menjadi fokus utama, misalnya saja memotret dengan efek Bokeh. Kemampuan touch to focus yang dimiliki kamera Lumia 1020 sanggup memenuhi kebutuhan Anda yang mengambil foto dengan efek Bokeh ini. Anda hanya perlu menyentuh objek yang menjadi fokus pada layar Lumia. Hasil foto dengan efek ini terlihat sangat menakjubkan.

Tidak lengkap rasanya bila kamera ini hanya bisa digunakan di luar ruangan. Supaya Anda tetap dapat menggunakan kamera Lumia 1020 dalam kondisi yang redup, Nokia sudah menyiapkan LED flash. Ada dua jenis LED flash yang akan menemani aksi Lumia 1020. Flash yang satu akan bekerja untuk membantu kamera saat memfokuskan objek dan satunya lagi untuk membantu pencahayaan ketika digunakan di dalam ruangan yang redup. Nah! Sayangnya flash yang kecil akan terus menyala setiap membidik gambar sekalipun Anda mematikan flash.

Ingin membuat video dari Lumia 1020? Tentu saja smartphone ini akan menyanggupinya. Anda bisa mendapatkan rekaman video hingga berkualitas full HD 1080p dari kamera Lumia 1020. Hasil rekamannya juga terlihat mulus dan bersih.

Baterai

Pertanyaan yang akan banyak muncul setelah mendengar kehebatan Lumia 1020 pastinya soal daya tahan baterai. Berapa lama Lumia 1020 sanggup menemani aktivitas pemiliknya? Nah! Sayangnya, nyawa smartphone canggih ini hanya disokong dari baterai sebesar 2000 mAH. Bila melihat kapasitasnya, rasanya smartphone sekelasnya di luar sana memiliki baterai yang lebih tahan lama. Saat kami gunakan untuk memotret, baterai Lumia 1020 tidak tidak bisa bertahan dari pagi hingga sore hari. Untungnya, Lumia 1020 dilengkapi dengan fitur battery saver yang akan membantu Anda untuk menghemat konsumsi baterai. Tetapi jika pemilk Lumia 1020 tidak sering ber-chatting ria atau hanya mengecek email sesekali, baterai Lumia 1020 bisa bertahan hingga 18 jam.

Konektivitas

Sebagai smartphone premium, Lumia 1020 sudah dibekali dengan konektivitas yang lengkap untuk menghubungkannya ke perangkat lain dengan memanfaatkan Bluetooth. Proses pair-nya juga mudah sehingga Anda bisa berbagi file dengan cepat. Selain itu, terdapat pula port microUSB yang dapat digunakan untuk menghubungkan Lumia 1020 ke perangkat komputer sekaligus untuk mengisi daya. Anda juga bisa mengandalkan fitur NFC untuk mengirimkan bermacam file ke perangkat yang juga mendukung NFC. Teknologi NFC juga bisa Anda gunakan untuk mengisi ulang baterai Lumia 1020 menggunakan wireless charger.

Lumia 1020 juga mendukung jaringan HSDPA+ bila jaringan operator memadai. Anda akan merasakan transfer daya yang kencang dan cepat. Dengan begini Anda bisa melakukan browsing, chatting, dan mengakses sosial media tanpa kendala lelet. Good job, Lumia!

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI