Blackberry Z30

 

Z30_Horizaton_LeftAngle_BBMDesain

Hadir dengan bezel magnesium alloy membuat BlackBerry Z30 kokoh dan terlihat elegan. Body-nya terasa solid. Rangkanya kokoh dan kuat. Bagian mukanya dilindungi lapisan Gorilla Glass yang tahan benturan. Sedangkan bagian belakang ditutup casing berbahan carbon fiber. Fungsinya hanya untuk menutup bagian belakang, karena sejatinya BB Z30 hadir dengan konsep desain unibody. Baterainya tidak bisa dilepas.

Kami sendiri sempat secara tak sengaja menjatuhkannya ke aspal dari ketinggian sekitar 1,5 meter. Hasilnya cukup membanggakan. BlackBerry Z30 masih berjalan normal. Di layarnya tak ada noda sedikitpun. Praktis hanya ada sedikit goresan di sisi ujung kanan bodi. Casing carbon fiber-nya bahkan tetap melekat dan tidak keluar dari “sarangnya”. Bagi kami ini cukup penting. Paling tidak BB Z30 punya bodi yang jauh lebih kokoh dibanding BB Z10.

USB On The Go

Selain berfungsi sebagai port charger dan konektor ke PC, port micro USB yang ada di BB Z30 juga sudah bisa digunakan untuk membaca file yang ada di USB flash disk. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu menyambungkan adapter yang bisa dibeli secara terpisah.

Keyboard

Ukuran layar yang besar membuat spasi antar tombol lebih renggang dan mampu meminimalisir kesalahan ketik. Keyboard BlackBerry Z30 juga bisa mengenali kosa kata yang biasa diketik dan langsung mensugestikannnya dalam bentuk kata yang bisa dimasukkan ke dalam pesan dengan cara men-swipe kata ke atas. Keyboard BB Z30 juga akan memberikan spasi secara otomatis jika pengguna sedang mengetik secara cepat dan lupa memberikan spasi. Lebih dari itu, Kami bisa dengan nyaman mengetik dengan satu tangan. Pengalaman inilah yang tidak Kami rasakan saat menggunakan BlackBerry layar sentuh generasi sebelumnya. Kami bahkan berani menilai bahwa keyboard virtual BlackBerry Z30 lebih baik dari keyboard perangkat Android ataupun iPhone.

IMG_00000344

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Performa

Performa prosesor Qualcomm Snapdragon MSM8960T Pro dual core 1.7 Ghz cukup tertolong dengan dibenamkannya RAM berkapasitas 2 GB. Kombinasi keduanya memungkinkan BlackBerry Z30 merender video kualitas Full HD, multi tab browsing, hingga bermain game kualitas HD dengan nyaman.

Browsing

BlackBerry Z30 mampu membuka beragam jenis konten web dengan cepat dan lancar. Kami tidak menemui kesulitan kala harus membuka web yang didalamnya memuat konten flash dan beragam konten multimedia lainnya. Kami bahkan sempat mengujinya dengan membuka 50 halaman website dalam 50 tab.

Camera

BlackBerry Z30 dilengkapi dengan dua buah kamera yang terletak di bagian depan dan belakang. Kamera bagian depan bisa digunakan untuk memotret foto dengan resolusi maksimal 2 MP dan merekam video dengan kualitas HD 720p. Sedangkan kamera belakang dibekali sensor foto beresolusi 8 MP yang bisa digunakan untuk merekam video berkualitas Full HD 1080p.

Jika dibandingkan dengan BlackBerry Z10, kamera BlackBerry Z30 punya kemampuan yang sedikit lebih baik. Khususnya dalam hal merekam video. Audio yang di “tangkap”-nya terdengar lebih jelas dan detail. Sedangkan untuk foto, hasil tangkapannya punya warna yang lebih “lembut”.

Selebihnya praktis tak ada yang berbeda dari Z10 ataupun Q10. Yup, BlackBerry Z30 masih mengandalkan fitur Time Shift yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan gambar terbaik tanpa perlu berulang kali memotret. Fitur ini penting untuk membingkai momen kebersamaan tanpa khawatir ada satu atau beberapa orang yang dipotret dalam kondisi mata terpejam ataupun ekspresi yang tidak diinginkan.

IMG_00000351

Camera 2

 

 

 

 

Satu hal yang perlu dikritisi adalah minimnya fitur kamera. Kami tidak menemukan fasilitas effect, panorama, settingan ISO ataupun pengaturan resolusi foto. Praktis hanya ada pengaturan switch kamera, shooting mode (normal, stabilizatio, burst), scene (action, whiteboard, night, beach or snow), flash, dan aspect ratio (16:9 dan 4:3). Sedangkan fitur Time Shift bisa dipilih dengan mengklik icon yang ada di kanan atas layar.

Communication

Seperti halnya BlackBerry Z10, BB Z30 menggabungkan beragam jenis kontak dalam sebuah hub yang dikemas mirip dengan interface BlackBerry Hub. Di dalam menu kontak, Anda bisa melihat daftar kontak BBM, BBM Video, favorites, SIM, dan daftar kontak yang ada di email maupun jejaring sosial. Dan Anda hanya perlu men-swipe layar dari kiri ke kanan untuk memunculkan kontak hub tersebut. Proses penambahan maupun pencariannya pun dibuat simple. List kontaknya dibuat mirip dengan kontak Android yang menampilkan deretan huruf di sisi kanan layar.

Untuk melakukan panggilan suara, Anda hanya perlu menekan tombol panggil virtual yang ada di kiri bawah layar. Lalu akan muncul riwayat panggilan dengan tiga speed dial di posisi atas layar. Dari menu yang sama, Anda juga bisa melihat daftar kontak dan memunculkan dial pad. Pengoperasiannya relatif mudah, tak perlu adaptasi yang panjang untuk bisa memaksimalkan panggilan suara melalui BlackBerry Z30. Lebih dari itu, BB Z30 adalah perangkat yang pas untuk melakukan komunikasi. Suara yang dihasilkan terdengar jernih. Orang yang diajak sebagai lawan bicara pun bisa dengan jelas mendengar pembicaraan, karena BB Z30 punya mic yang dilengkapi dengan fitur peredam bising.

Satu lagi, untuk Anda yang hobi berkirim pesan, BB Z30 memungkinkan Anda untuk membalas pesan yang masuk, langsung dari tampilan popup message. Jenis pesannya bisa bermacam-macam, bisa pesan SMS, BBM atau bahkan WhatsApp. Dengan fasilitas ini, Anda bisa membalas atau melihat pesan-pesan yang Anda anggap perlu untuk dibaca.

Communication 2

Connectivity 2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Connectivity

Platform BlackBerry 10 tak lagi membutuhkan layanan BlackBerry Internet Service (BIS) untuk bisa berkirim pesan via BBM, browsing internet ataupun streaming video via Youtube. Pengguna BlackBerry 10 hanya perlu berlangganan paket data yang disediakan operator untuk bisa memaksimalkan fungsi komunikasi yang ada di BlackBerry. Dan untuk itu, teknologi LTE dan HSPA+ yang sanggup melewatkan data hingga 21 Mbps Kami nilai cukup untuk mempermulus lalu lintas data di BlackBerry Z30.

Konsep layanan tersebut juga memungkinkan Anda untuk memaksimalkan layanan BlackBerry melalui jaringan WiFi. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan akses WiFi di kantor, rumah atau menggunakan mobile WiFi untuk “membawa” BlackBerry Z30 terhubung ke internet dan layanan BlackBerry. Kebalikannya, Anda juga bisa berbagi koneksi internet yang ada di BB Z30 dengan perangkat lain melalui fasilitas Mobile Hot Spot.

Untuk teknologi WiFi-nya sendiri, BB Z30 menggunakan versi 802.11 a/b/g/n yang bisa beroperasi di frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz. WiFi-nya juga support DLNA untuk berbagi file multimedia dengan PC ataupun perangkat berteknologi WiFi DLNA lainnya. Selain itu, Anda juga bisa berbagi file ke perangkat lain melalui WiFi Direct dan “menduplikasi” layar ke layar yang lebih besar melalui teknologi Miracast.

Selain WiFi, konektifitas lain yang bisa digunakan untuk berbagi file adalah micro USB, HDMI, dan Bluetooth versi 4.0 yang hemat energi. Untuk HDMI, Anda bisa menggunakannya untuk mengalirkan video, musik dan gambar ke layar TV. Caranya cukup mudah. Cukup sambungkan kabel micro HDMI ke TV lalu tampilan BlackBerry Z30 akan muncul di layar TV. Kemudahan mentransfer file juga ditawarkan BB Z30 melalui teknologi NFC. Cukup tempelkan BB Z30 ke perangkat NFC lainnya maka file akan terkirim tanpa perlu repot melakukan pairing. Satu lagi, Z30 punya micro USB yang bisa secara langsung membaca file yang ada di USB flash disk. Tapi untuk melakukannya, Anda perlu adapter Usb tambahan yang bisa dibeli secara terpisah.

IMG_00000355

Connectivity

 

 

 

 

 

 

 

 

Multimedia

BlackBerry Z30 hadir dengan layar berukuran 5 inch yang menggunakan teknologi Super AMOLED beresolusi 720×1280 pixel (295 ppi). Mesin grafisnya menggunakan Adreno 320 quad core sebagai bagian dari prosesor Qualcomm Snapdragon MSM8960T Pro dual core 1.7 Ghz.

Secara kualitas, layar BB Z30 tidak hanya mampu menampilkan ketajaman warna hingga 24 bit, tapi juga mampu merender grafis dengan halus. Layarnya juga dilengkapi dengan sensor cahaya yang secara otomatis mengatur brightness sesuai dengan kondisi cahaya sekitar.

Jika dibandingkan dengan generasi BlackBerry sebelumnya, fitur multimedia yang ada di BB Z30 mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Pemutar video-nya bahkan sanggup mengalirkan gambar bergerak kualitas Full HD dengan halus. Zoom-in maupun zoom-out bisa dilakukannya dengan mudah. Video yang sedang diputar juga bisa langsung di edit. Bisa dirubah durasinya, di rotate, crop, ataupun diatur level brightness, contrast, colour, dan volumenya. Hampir semua format video bisa diputarnya, mulai dari MP4, AVI, WMV hingga MKV.

IMG_00000357

 

 

 

 

 

IMG_00000358

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Begitu pula dengan pemutar audionya. Tampil dengan interface yang sederhana, pemutar audio BB Z30 sanggup memainkan hampir semua jenis audio. Semua jenis file audio, baik yang ada di device maupun microSD, secara otomatis akan dimasukkan ke dalam tab library dan dikelompokkan berdasarkan kategori artist, albums dan genres. Selanjutnya Anda bisa membuat playlist untuk diputar secara random, berurutan, ataupun berulang. Tapi sayang, ada satu fitur penting yang luput dari pemutar audio BB Z30, yaitu equalizer. Tanpa fitur tersebut, sulit bagi penikmat musik untuk mengatur suara sesuai dengan selera.

 

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI