Nintendo Siapkan Konsol Berbasis Android?

Nintendo actorJAKARTA – Persaingan produsen konsol game nampaknya akan semakin sengit. Prediksi tersebut muncul setelah tersiar kabar bahwa Nintendo tertarik mengembangkan konsol game baru yang berbasis Android.

Adalah surat kabar terkemuka asal Jepang, Nikkei, yang menghembuskan kabar tersebut. Sumber di Nikkei menyebutkan konsol game baru Nintendo ini memiliki kode nama NX. Nintendo disebutkan tengah mempertimbangkan untuk merilisnya sebagai konsol yang bisa digunakan untuk seluruh wilayah (region free).

Sumber Nikkei itu juga mengungkapkan bahwa salah satu alasan utama Nintendo memilih Android karena sistem operasi buatan Google itu diyakini akan lebih memudahkan mereka untuk menggandeng lebih banyak developer untuk mengembangkan game bagi konsol NX.

Alasan lainnya adalah karena dengan mengadopsi Android, maka nantinya akan lebih memudahkan game-game Nintendo NX bisa diakses via smartphone, tablet dan perangkat mobile lainnya.

Pilihan Nintendo untuk memilih Android cukup masuk akal, karena seperti diketahui saat ini Android merupakan platform yang paling banyak digunakan. Nintendo NX sepertinya ingin mengikuti cara yang dipakai Ouya, yakni dengan hanya mengambil sebagian elemen dari Android untuk dikembangkan menjadi OS baru. Jadi bukan Android yang sama di smartphone atau tablet selama ini.

Masih menurut sumber di Nikkei, pertimbangan lain Nintendo melirik Android adalah kegagalan konsel Wii U untuk menghadirkan kompatibilitas dengan perangkat lain. Masalah ini membuat para developer enggan untuk mengembangkan game bagi konsol Wii U.

Keengganan para developer ini disebabkan karena mereka (developer) merasa sulit untuk mendapat keuntungan atau menimal balik modal, karena apa yang mereka kembangkan untuk Wii U tak bisa digunakan untuk platform lain. Para developer lebih tertarik membuat game yang multi-platform, seperti yang mereka bikin di Xbox One, PS4, dan PC.

Nintendo saat ini menggunakan sistem operasi buatan sendiri. Hal inilah yang membuat Nintendo sulit bersaingan dengan Sony dan Microsoft beberapa tahun terakhir.

Kabar ketertarikan Nintendo akan mengadopsi Android ini sejalan dengan informasi sebelumnya yang menyebutkan akan menggarap game mobile di smartphone. Raksasa konsol game asal Jepang ini telah mengkonfirmasi akan bekerjasama dengan DeNA untuk membuat game mobile. [HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI