Lagi, Netflix PHK 300 Karyawan Gara-gara Pendapatan Merosot

Telset.id, Jakarta – Netflix memberhentikan lagi sekitar 300 karyawan di seluruh perusahaan. Sebulan lalu, perusahaan telah melakukan PHK sekitar 150 karyawan.

PHK sekitar 300 karyawan Netflix mewakili tiga persen dari jumlah keseluruhan pegawai. Perusahaan melakukannya lantaran telah mengalami perlambatan pendapatan.

Perusahaan untuk kali pertama dalam satu dekade terakhir kehilangan banyak pelanggan. Mau tak mau, perusahaan memangkas pegawai guna menyeimbangkan neraca.

“Dengan berat hati, kami melepas lagi sekitar 300 karyawan,” demikian kata Netflix dalam sebuah pernyataan Kamis, seperti Telset kutip dari CNBC, Jumat (24/6/2022).

BACA JUGA:

“Ketika terus berinvestasi secara signifikan dalam bisnis ini, kami melakukan penyesuaian sehingga biaya tumbuh sejalan dengan pendapatan yang lebih lambat,” ujarnya.

“Kami sangat berterima kasih atas semua yang telah karyawan lakukan untuk Netflix. Kami bekerja keras untuk mendukung mereka melalui transisi nan sulit ini,” imbuhnya.

Perusahaan telah memperingatkan investor pada April 2022 lalu mengenai rencana menarik kembali sebagian pertumbuhan pengeluaran selama dua tahun ke mendatang.

Spencer Neumann, kepala keuangan, mengatakan bahwa selama evaluasi pada April, perusahaan berusaha untuk “bijaksana” dalam mencerminkan realitas bisnis.

Namun demikian, ia mengemukakan bahwa perusahaan masih berencana untuk melakukan investasi secara besar-besaran, termasuk sekitar USD 17 miliar untuk konten.

Co-CEO Reed Hastings juga mengatakan, perusahaan sedang menjajaki harga lebih rendah serta dukungan iklan untuk mendatangkan sejumlah pelanggan baru.

Selama bertahun-tahun, perusahaan menolak iklan di platform. Netflix pun sedang berupaya untuk menindak pembagian kata sandi pelanggan yang cukup merajalela.

Dari 222 juta rumah tangga yang menjadi pelanggan, lebih dari 100 juta rumah tangga diketahui telah menggunakan layanan streaming film dengan cara berbagi akun.

BACA JUGA: 

Mei 2022 lalu, Netflix memberhentikan sekitar 150 karyawan dari total 11.300 karyawan. PHK itu merupakan kelanjutan dari kebijakan dalam kurun waktu berdekatan.

PHK di layanan streaming film terjadi setelah berminggu-minggu kondisi perusahaan memburuk. Sebelumnya, terjadi pengurangan karyawan di divisi blog Netflix, Tudum.

Keputusan Netflix untuk mengambil langkah pemangkasan pegawai  murni karena kebutuhan bisnis. Perusahaan tidak menyebut ada indikasi terkait kinerja individu karyawan. [SN/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0