Apresiasi Tenaga Medis, NASA Pasang Penghargaan di Robot Mars

Telset.id, Jakarta – NASA akan memasang pelat alumunium berukuran kecil dengan gambar ular melilit sebagai simbol komunitas tenaga medis di robot penjelajah Mars bernama Perseverance.

Pelat alumunium berukuran 8 x 13 sentimeter tersebut dipasang di antara roda tengah dan roda belakang bagian kiri Perseverance. Namun, NASA belum tahu kapan Perseverance akan benar-benar menjelajah Planet Merah.

Menurut laporan New York Post, seperti dikutip Telset.id, Senin (22/06/2020), Perseverance seharusnya diluncurkan pada 20 juli 2020. Namun, peluncuran mengalami penundaan karena masalah peralatan sistem.

{Baca juga: Peneliti akan Kirim Robot Serangga untuk Jelajahi Planet Lain}

Ide meletakkan pelat alumunium untuk mengapresiasi tenaga medis berawal ketika mayoritas karyawan NASA mau tak mau bekerja dari rumah di tengah pandemi Covid-19. Dari sana, muncul ide untuk mengapresiasi jasa para tenaga medis di garda terdepan.

Di pelat alumunium tersebut terdapat gambar Bumi di bagian atas. Ada pula semacam garis lintasan yang mengelilingi planet menuju Mars dengan titik kecil berwarna putih. Semua gambar mewakili perjuangan tenaga medis.

“Kami menghormati para pejuang di garda terdepan penanganan virus corona. Saat nanti menjalankan misi ke Mars, generasi penerus ingat bahwa di Bumi pernah ada orang-orang berjasa,” kata Matt Wallace dari NASA.

{Baca juga: Lindungi Petugas Medis, Denmark Ciptakan Robot Swab Covid-19}

Lantaran gagal meluncurkan Perseverance pada 20 Juli 2020, NASA harus menunggu hingga September 2020 mendatang. Biayanya sekitar USD 500 juta atau setara Rp 7,1 triliun dan bertujuan untuk misi jangka panjang Program Eksplorasi Mars.

Perseverance akan mendarat di Kawah Jezero selebar 45 kilometer pada 18 Februari 2021 di Mars. Ia akan mencari tanda-tanda kehidupan kuno. Kawah itu menampung sebuah danau dan delta sungai pada miliaran tahun lalu. (SN/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -