telset

NASA Temukan Dua Planet Baru Mirip Bumi

Telset.id, Jakarta – Satelit NASA TESS atau The Transiting Exoplanet Survey Satellite baru saja menemukan dua planet yang menyerupai bumi. Kedua planet tersebut berada di luar tata surya tersebut atau eksoplanet.

NASA tidak secara langsung menemui dua planet tersebut secara bersamaan. Awalnya pada Senin (16/9) lalu, NASA melalui teleskop ruang angkasa telah melihat ratusan ribu bintang di langit selatan.

Dari situ NASA dengan menggunakan Satelit TESS melakukan penyelidikan. Hasilnya, berdasarkan laporan yang diunggah di arXIV, TESS telah menemukan planet ‘Super-Bumi.

Disebutkan bahwa planet Super Bumi ini mengorbit bintang Pi Mensae dengan hampir 60 tahun cahaya dari bumi dan periode orbit 6,3 hari.

Baca juga: NASA Kirim Dua Robot ke Dasar Laut 

Akun twitter TESS milik NASA, yaitu @NASA_TESS pun mengumumkan penemuan tersebut pada hari Rabu, dan mengatakan jika penemuan ini masih perlu divalidasi kembali.

Nantinya jika sudah tervalidasi maka super bumi yang dijuluki sebagai  “π Men c” merupakan penemuan pertama TESS dalam misi dua tahunnya untuk menemukan eksoplanet di sekitar bintang-bintang terdekat.

Super bumi tersebut tidak sendirian. Planet lain yang dikenal sebagai “π Men b” sekitar 10 kali ukuran Jupiter dan dengan periode orbit lebih dari 2.100 hari mengelilingi Pi Mensae juga ditemukan. Itu artinya, TESS telah menemukan dua planet yang menyerupai bumi.

Baca juga: NASA akan Kirim Pesawat di Jarak Terdekat dengan Matahari

Tampaknya perburuan planet oleh TESS terus menuai hasil. Pada Rabu lalu, mereka juga kembali memberikan informasi terkait eksoplanet. Berdasarkan data yang mereka unggah ke arXiv TESS mungkin telah menemukan “planet ultra-periode singkat” di sekitar bintang M dwarf LHS 3844.

Jarak “planet ultra-periode singkat” tersebut jaraknya lebih dekat yakni 49 tahun cahaya dengan waktu orbit ke Pi Mensae sekitar 11 jam.

TESS sendiri baru memulai misinya selama beberapa bulan. Teleskop ruang angkasa diluncurkan di pada bulan April dan secara resmi memulai pengamatan pada bulan Juli. Tetapi sampai saat ini, satelit TESS telah menemukan dua planet yang menyerupai bumi.

Baca juga: NASA akan ‘Ngebor’ Isi Perut Mars, Mau Ngapain?

NASA sendiri telah memberikan kemudahan bagi para ilmuwan astronomi. Pasalnya data yang NASA berikan bisa mereka kaji lebih dalam untuk mengidentifikasi planet-planet yang ada di luar tata surya. [NM/HBS]

Sumber : CNET 

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0