NASA Berhasil Rekam Kegiatan Robot Penjelajah Mars

Telset.id, Jakarta –  Pesawat ruang angkasa yang mengorbit di Mars berhasil merekam gambar robot penjelajah Curiosity milik NASA. Curiosity menjelajah gunung Aeolis Mons atau Mount Sharp di Woodland Bay atau Teluk Woodland.

Dalam sebuah pernyataan, dikutip Telset.id dari Space, Minggu (14/7/2019), Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA mengatakan, gambar diperoleh ketika Curiosity berhadapan 65 derajat berlawanan dengan arah jarum jam dari utara.

{Baca juga: Dikira Hilang, Video Langka NASA Dimiliki Mantan Anak Magangnya}

Medan dramatis yang menyapu mengelilingi Curiousty saat perjalanan menyusuri gunung setinggi lima kilometer terletak di area Gale Crater atau wilayah pendaratan. JPL NASA berujar, pengamatan dapat terlihat jelas karena refleksi cerah.

Perekaman menggunakan kamera MRO High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE) milik Universitas Arizona. Kamera tersebut sangat sensitif sehingga mampu menangkap bayangan debu di bukit pasir kecil di permukaan Mars.

Kamera MRO HiRISE kemungkinan akan terus beroperasi sampai ada sang penerus Curiosity. Kabarnyam penerus Curiosity akan menjalankan misi misi NASA Mars 2020. Misi itu diprediksi mendarat di Jezero Crater pada 18 Februari 2021.

{Baca juga: NASA Segera Terbangkan Drone ke Bulan Terbesar Saturnus}

Maret 2019, NASA, menyimpulkan bahwa kemungkinan besar ada kehidupan alien di Mars. Sebab, gambar yang diambil oleh Curiosity Rover diyakini sebagai tumbuhan. Foto jepretan Curiosity Rover memperlihatkan bentuk seperti alga, lumut, dan jamur.

Selama ini, para ilmuwan telah sibuk melakukan penelitian mengenai potensi kehidupan di Mars. Bahkan, penelitian sudah dilakukan sejak seorang astronom Italia bernama Giovanni Schiaparelli mengarahkan teleskop ke Mars pada 1877. [SN/IF]

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI