NASA akan ‘Ngebor’ Isi Perut Mars, Mau Ngapain?

Roket InSight

Telset.id, Jakarta – Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA akan mengirimkan pesawat ke luar angkasa untuk melakukan penggalian di Mars. NASA berencana melakukan penggalian terdalam sepanjang sejarah pendaratan manusia di planet itu.

The Verge melaporkan, apa yang dilakukan oleh NASA tersebut bertujuan untuk memeriksa temperatur, denyut, dan reflek Mars. Penelitian dimaksudkan untuk melacak rotasi Mars sehingga nantinya bisa diketahui menegani ukuran dan inti Mars.

Jika tak ada aral, InSight, nama pesawat milik NASA yang akan dikirim ke Mars, diluncurkan pada Sabtu (5/5) pagi waktu setempat atau Sabtu sore WIB. Kemungkinan, peluncuran bakal disiarkan secara langsung melalui kanal resmi NASA.

“Pendaratan kali ini memungkinkan para ilmuwan untuk melihat lebih jauh ke perut Mars,” ujar¬†ketua misi pendaratan, Bruce Banerdt. Proyek kerja sama antara AS dan Eropa tersebut dilaporkan bernilai miliaran dolar dan melibatkan ilmuwan-ilmuwan top.

Berita Terkait: Patung Wajah Prajurit Ini Ungkap Kehidupan di Mars?

Banerdt mengatakan, secara geologis, Mars tidak seaktif Bumi. Lempeng tektonik di Bumi telah banyak berubah dan mengaburkan susunan aslinya. Lain hal, Mars masih menyimpan kisah awal evolusi planet. Mars menyimpan banyak misteri tak terungkap.

“Pesawat luar angkasa InSight akan meluncur dari Pangkalan Angkatan Udara Vandenberg, California. Kalau misi ini berhasil, NASA bakal menorehkan sejarah baru. Dunia pasti akan menyambutnya secara sukacita,” pungkas Banerdt.

Sumber: Theverge

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here