Nah Lho… Dispensasi AS untuk Huawei Ditolak Mentah-mentah

Telset.id, Jakarta Huawei menolak perpanjangan dispensasi 90 hari dari administrasi Presiden Donald Trump. Padahal, dengan dispensasi Huawei yang baru saja diberikan itu, perusahaan ini bisa terbebas sementara dari embargo, dan dapat berbisnis lagi dengan perusahaan-perusahaan Amerika Serikat (AS).

Perpanjangan dispensasi Huawei selama 90 hari dari pemerintah AS memang ada maksud lain. AS tak ingin warganya di kawasan pedalaman tidak bisa mengakses jaringan. Maklum, operator jaringan di sana masih menggunakan teknologi buatan Huawei.

Karenanya, Huawei secara tegas menolak perpanjangan lisensi 90 hari dari pemerintah AS. Seperti dikutip Telset.id dari Reuters, Rabu (20/11/2019), Huawei mengatakan bahwa ekstensi terbaru dari AS tidak akan berdampak besar bagi bisnis perusahaan.

{Baca juga: “Lawan” Huawei dkk, Samsung akan Produksi Smartphone di China}

“Keputusan ini tidak akan mengubah fakta bahwa Huawei terus diperlakukan secara tidak adil,” kata Huawei.

Pernyataan Huawei mendapat dukungan dari China. Mereka berharap, perusahaan-perusahaan asal China bisa diperlakukan secara adil.

“Kami mendesak AS berhenti menyalahgunakan kontrol ekspor untuk mendiskriminasi perusahaan-perusahaan dari negara lain atas nama keamanan nasional. Stop mempolitisasi masalah perdagangan,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China.

{Baca juga: Tok! AS Beri Kelonggaran 90 Hari kepada Huawei}

Seperti dilaporkan sebelumnya, Presiden Donald Trump memberi perpanjangan dispensasi selama 90 hari kepada Huawei. Sebelum memutuskan kebijakan itu, awalnya Trump merencanakan penangguhan hukuman dua minggu tetapi mengalami masalah birokrasi.

“Perpanjangan lisensi memungkinkan operator untuk terus melayani pelanggan di beberapa daerah terpencil di AS. Dengan begitu, mereka tetap bisa mengakses teknologi guna menunjang kehidupan sehari-hari,” kata Menteri Perdagangan AS, Wilbur Ross. (SN/FHP)

Sumber: Reuters

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI