Ban Mobil Ini Didukung Teknologi 5G, Buat Apa Ya?

Telset.id, Jakarta – Bukan cuma ponsel saja yang pintar, ban mobil juga ternyata bisa pintar berkat bantuan teknologi. Baru-baru ini, Pirelli menghadirkan ban Pirelli Cyber Tyre yang didukung oleh teknologi 5G. Buat apa?

Sekadar informasi, menentukan ban mobil sangatlah penting agar tetap aman dalam berkendara. Ukuran dan cengkeraman ban sangat membantu pengemudi untuk melakukan manuver kendaraan.

Karenanya, produsen pun berlomba-lomba menghadirkan ban berkualitas terbaik. Ada ban yang diperuntukkan jalan basah, jalan kering, jalan licin, jalan tak rata, maupun medan yang ekstrem seperti bebatuan.

{Baca juga: Kreatif! Remaja Ini Atasi Blindspot di Mobil Pakai Proyektor}

Seperti dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Rabu (20/11/2019), ban pintar Pirelli yang didukung teknologi 5G berguna untuk menyampaikan informasi.

Ban tersebut dilengkapi dengan sensor internal yang dapat mendeteksi kondisi jalan, apakah basah, apa berisiko membuat kendaraan tergelincir, dan lain sebagainya.

Berdasarkan informasi itu, mobil memungkinkan untuk menyesuaikan kontrol dan sistem bantuan mengemudi. Pirelli bahkan berencana untuk meningkatkan teknologi 5G dengan konektivitas.

{Baca juga: 3 Implementasi 5G yang Bisa Dilakukan di Indonesia}

Dengan demikian, ban tersebut akan mampu menyampaikan informasi penting itu ke jaringan pusat. Informasi yang terangkum kemudian dapat diteruskan ke mobil lain yang berada di daerah terdekat.

Mobil lain bakal tahu tentang kondisi jalan yang akan dilintasi. Menurut perusahaan, berkat potensi 5G, Pirelli dapat menempatkan ban di dalam konteks komunikasi lebih luas melibatkan ekosistem.

Ekosistem yang dimaksud termasuk transportasi on-road, yang berkontribusi bagi pengembangan solusi dan layanan untuk mobilitas dan sistem masa depan, yakni mengemudi secara mandiri. (SN/FHP)

Sumber: Ubergizmo

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI