Model Virtual dengan Teknologi AI Ini Terlihat Menakjubkan

Telset.id, Jakarta – Sebuah video memperlihatkan sekumpulan manusia yang dirancang oleh algoritma kecerdasan buatan atau teknologi AI (artificial intelligence) milik DataGrid.

Startup yang berbasis di Kyoto University Jepang itu merancang setiap manusia dengan pose, pakaian, gaya rambut, serta sikap yang berbeda. Tampilannya menakjubkan.

Menurut terjemahan teks yang menyertai video, para peneliti menggunakan Generative Adversarial Network atau GAN untuk menghasilkan gambar resolusi tinggi (1024 × 1024).

{Baca juga: Peneliti Kembangkan Teknologi AI untuk Deteksi Alzheimer}

Mereka mengatakan bahwa hal semacam itu berguna untuk berbagai keperluan, seperti menciptakan model virtual untuk industri periklanan maupun mode.

GAN melibatkan satu jaringan saraf tiruan yang berfungsi untuk “membodohi” jaringan lain sehingga orang tida bisa membedakan gambar manusia aslidengan yang dihasilkan komputer.

Menurut laporan New York Post, seperti dikutip Telset.id, Selasa (7/5/2019), untuk melihat versi berbeda dari video tersebut, silakan buka situs ThisPersonDoesNotExist.com.

Teknologi yang diterapkan oleh DataGrid sangatlah mengesankan. Di lain sisi, teknologi itu merupakan sesuatu yang belum sepenuhnya dipahami oleh manusia.

{Baca juga: Riset: Teknologi AI akan Semakin Banyak Digunakan di 2019}

Lewat teknologi tersebut, suatu hari nanti AI akan benar-benar berguna untuk memerangi disinformasi serta memfilter  berita palsu atau hoaks di dunia maya. [SN/HBS]

Sumber: NY Post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here