Seperti Pesawat, Mobil di Inggris Bakal Punya ‘Kotak Hitam’

Telset.id, Jakarta – Uni Eropa akan menerapkan teknologi keamanan baru di semua jenis mobil pada 2022 mendatang. Teknologi keamanan berupa kotak hitam atau black box seperti di pesawat ini bakal pula diterapkan di Inggris setelah Brexit.

Komisi Eropa kali pertama mengumumkan kebijakan baru terkait hal tersebut pada 2018 lalu. Tampaknya, kebijakan itu baru akan mulai diterapkan pada September 2019 nanti.

Di Inggris, pemerintah mengatakan, standar kendaraan akan disejajarkan dengan Uni Eropa setelah Brexit. Dengan demikian, mobil baru di Inggris akan mengadopsi fitur keselamatan mulai 2022.

{Baca juga: Boeing 737 Max-8 Segera Dapatkan Update Software}

Fitur-fitur baru tersebut termasuk pembatas kecepatan yang dikenal dengan istilah bantuan kecepatan cerdas. Fitur berfungsi mengingatkan mengemudi agar tak melanggar batas kecepatan.

Menurut BBC, seperti dikutip Telset, Rabu (27/3/2019), teknologi itu memungkinkan pengemudi untuk mempercepat, tetapi akan meminta untuk memacu akselerator dan mengabaikan peringatan.

Fitur membutuhkan teknologi yang bisa membaca apakah pengemudi mengantuk atau kehilangan perhatian di jalan. Sumber daya bisa berasal dari breathalyser atau kecerdasan buatan (AI).

Hal-hal lain yang masuk dalam persyaratan baru adalah sistem pengereman darurat otomatis, sistem peringatan keberangkatan lajur, dan fasilitasi pemasangan alcohol interlock di mobil baru.

{Baca juga: Boeing Ungkap Penyebab Jatuhnya Pesawat Lion Air JT 610}

Nantinya, di mobil baru ada perekam data untuk mengumpulkan informasi sebelum kecelakaan. Perekam data berupa kotak hitam seperti di pesawat itu menampung segala informasi tentang penyebab kecelakaan. [SN/HBS]

 

SourceBBC

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI